10 Game Edukasi Kelas Anak SD Kelas Tinggi

10 Game Edukasi Kelas Anak SD Kelas Tinggi

Saat di kelas para siswa mulai terlihat bosan mendengarkan pelajaran, mungkin inilah saatnya untuk memadukan permain game dalam kelas! Ya, permainan di dalam kelas tentu bukan hal yang salah dalam pendidikan. Bapak Ibu bisa menciptakan suasana belajar asyik dengan game pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa.

Namun, penting untuk membuat pembelajaran menarik bagi siswa dengan kegiatan interaktif. Menggabungkan permainan dalam kelas yang menyenangkan ke dalam rencana pelajaran Kita memberikan cara sederhana untuk memotivasi siswa Kita, dan mendorong siswa untuk memanfaatkan kreativitas dan imajinasinya.

10 Game Edukasi Kelas Anak SD Kelas Tinggi

Di bawah ini admin akan memberikan 10 Game Edukasi Kelas Anak SD Kelas Tinggi. Tentunya game kelas ini sangat menyenangkan dan dapat melibatkan siswa Kita dalam pembelajaran akademik, tanpa siswa sadari !

1. Permainan Teka-teki

Permainan sederhana namun klasik ini adalah cara yang bagus untuk mendorong siswa Kita keluar dari tempat duduk siswa dan berpartisipasi dalam pelajaran.

Bahan yang di butuhkan : daftar orang, tindakan, atau konsep yang terkait dengan mata pelajaran yang Kita ajarkan.

Langkah Langkah Kegiatan : Pilih seorang siswa untuk berdiri di depan ruangan dan memerankan sebuah kata dari daftar Kita (tidak diperbolehkan berbicara). Sisa kelas kemudian harus menebak apa yang siswa coba gambarkan. Siswa lain dapat meneriakkan tebakan siswa atau mengangkat tangan – tergantung pada preferensi pengajaran Kita! Siapa pun yang menebak dengan benar dapat memerankan kata berikutnya.

Rancangan Alternatif : Versi yang lebih menantang melibatkan siswa yang mendeskripsikan kata khusus mata pelajaran tetapi dibatasi oleh daftar kata-kata terlarang, misalnya mendeskripsikan 'habitat' tanpa menggunakan kata 'rumah' atau 'binatang'.

2. Hangman

Sebuah permainan tradisional namun interaktif yang meningkatkan pengejaan siswa dan pengetahuan subjek, tetapi juga menyenangkan.

Bahan Bahan yang di butuhkan: papan tulis dan pena atau papan tulis interaktif, ditambah daftar kata-kata khusus subjek untuk menginspirasi siswa Kita.

Langkah Langkah Kegiatan :  Bagilah kelas Kita menjadi dua kelompok kemudian pilih seorang siswa untuk berdiri di depan kelas dan pikirkan sebuah kata yang berhubungan dengan pelajaran (atau Kita dapat memberi siswa kata yang cocok). Siswa kemudian harus menggambar spasi di papan tulis untuk mewakili setiap huruf dalam kata siswa. Sisa kelas kemudian menebak kata, satu huruf pada satu waktu (berikan kesempatan kepada siswa dari setiap kelompok untuk menebak secara bergantian). Tebakan yang salah mengakibatkan siswa yang terpilih kembali ke kelompoknya. Tim pertama yang menebak kata menang, kecuali siswa yang terpilih selesai. Permainan kemudian diulangi dengan siswa lain memikirkan kata yang relevan.

Rancangan Alternatif: Jika Kita merasa seorang siswa yang terpilih tidak sesuai maka gunakan gambar yang berbeda – baik untuk subjek tertentu atau berpikir kreatif misalnya spaceman atau manusia salju.

3. Scatter-gories

Permainan yang menyenangkan ini akan mendorong siswa Kita untuk berpikir 'di luar kotak' dan memanfaatkan berbagai pengetahuan subjek.

Bahan Bahan yang di butuhkan: potongan kertas, pena/pensil, dan daftar kategori khusus subjek, misalnya Bumi dan Luar Angkasa (topik): batuan, bentang alam, cuaca, dan tata surya (kategori).

Langkah Langkah Kegiatan Bagilah siswa menjadi kelompok-kelompok kecil dan minta siswa untuk mencatat kategori pada kertas siswa. Pilih satu huruf (AZ) secara acak dan beri siswa waktu 1-2 menit (bergantung pada berapa banyak kategori) untuk memikirkan sebuah kata untuk setiap kategori, dimulai dengan huruf itu. Setelah waktu habis, berikan nilai untuk jawaban unik, yaitu jika dua tim menuliskan kata yang sama untuk suatu kategori maka tidak ada poin yang diperoleh. Ulangi permainan dengan huruf yang berbeda.

Contoh:

Bentuk Tanah kapur: Pegunungan

Cuaca: Kabut

Tata Surya: bumi

Rancangan Alternatif:  Jika kelas Kita hanya memiliki sedikit siswa, maka siswa dapat mengisi kategori secara individual, daripada bekerja dalam tim.

4. Bingo

Sebuah permainan cepat dan sederhana yang tidak pernah gagal untuk memotivasi siswa dalam belajar siswa.

Bahan Bahan yang di butuhkan: papan tulis dan pena atau kertas dan pena/pensil, ditambah daftar istilah atau konsep khusus subjek, misalnya angka, fonetik, kosakata kunci, rumus ilmiah, atau tokoh sejarah.

Langkah Langkah Kegiatan : Minta siswa untuk menggambar kotak 6 x 6 di papan tulis atau kertas siswa kemudian pilih 6 kata atau gambar dari daftar yang diberikan untuk menggambar/menulis di kotak siswa. Kita kemudian harus memilih secara acak sebuah kata dari daftar untuk dideskripsikan, dan siswa harus menebak kata tersebut untuk mencoretnya di kisi siswa (jika ada). Lanjutkan menjelaskan kata-kata yang berbeda sampai satu siswa berhasil menyelesaikan grid siswa dan berteriak 'bingo!' (Kita juga dapat memberikan hadiah kepada siswa pertama yang mendapat 3 berturut-turut).

Rancangan Alternatif: Siswa dapat memasukkan jawaban terkait mata pelajaran siswa sendiri ke dalam kisi bingo, tetapi ini membuatnya lebih menantang bagi Kita karena pilihan kata yang luas dan ambiguitas. Juga, jika Kita memiliki lebih banyak waktu, maka Kita dapat membuat papan bingo Kita sendiri dengan kosakata atau konsep tertentu yang Kita bahas dalam pelajaran itu (dapat digunakan kembali).

5. Teka-teki

Permainan kelompok kreatif ini mendorong siswa untuk bekerja sama dan memvisualisasikan konsep akademik secara abstrak.

Sumber: gambar, kata, perhitungan atau konsep yang dicetak atau ditempelkan pada kartu/kertas dan dipotong menjadi bentuk acak (potongan puzzle) misalnya perhitungan matematika, persamaan kimia, kosakata mata pelajaran, tokoh sejarah, dll.

Langkah Langkah Kegiatan : Pisahkan kelas Kita menjadi beberapa kelompok (atau cukup gunakan pengelompokan tabel) lalu bagikan teka-teki untuk setiap kelompok untuk disatukan.

Rancangan Alternatif: Siswa dapat membuat teka-teki siswa sendiri di komputer atau menggambar di atas kartu/kertas untuk diselesaikan oleh temannya.

6. Menggambar pedang

Permainan kelas ini menguji keterampilan motorik halus siswa dan mendorong pemikiran cepat, serta menghasilkan kompetisi yang sehat.

Sumber: Kamus atau buku teks, ditambah daftar kosakata kunci.

Langkah Langkah Kegiatan : Bagi kelas Kita menjadi kelompok-kelompok kecil dan pilih seorang siswa dari setiap kelompok untuk memulai. Siswa yang terpilih kemudian meletakkan kamus atau buku teks di bawah lengan siswa. Kita kemudian mengucapkan kata atau gambar yang kemudian harus dicari oleh siswa di buku siswa (seperti menghunus pedang dari bawah lengan siswa!). Siswa pertama yang menemukan kata/gambar adalah pemenangnya. Permainan dilanjutkan dengan kata/gambar yang berbeda sampai setiap siswa mendapat giliran.

Rancangan Alternatif:  Jika Kita memiliki cukup buku teks atau kamus untuk setiap siswa maka seluruh kelas dapat bersaing satu sama lain.

7. Hot Potato

Permainan kelas yang menyenangkan ini mendorong siswa untuk berpikir dan memanfaatkan berbagai pengetahuan mata pelajaran.

Bahan Bahan yang di butuhkan: mainan lunak, benda atau benda untuk setiap kelompok untuk dioper, misalnya beruang atau bola, ditambah daftar tema khusus subjek misalnya angka – prima, komposit, rasional, pecahan, desimal, dll.

Langkah Langkah Kegiatan :  Bagilah kelas Kita menjadi kelompok-kelompok kecil dan bagikan sebuah benda/mainan lunak kepada setiap kelompok. Orang dengan objek di setiap kelompok akan mulai. Kita menyebutkan judul atau tema, misalnya bilangan prima, dan kemudian berpacu dengan waktu bagi siswa untuk memberikan 5 jawaban yang benar, misalnya 2, 3, 5, 7, 11, sebelum item/mainan lunak tersebut dilempar ke semua orang dalam kelompok kecil siswa dan kembali kepada siswa.

Rancangan Alternatif:  Dengan kelas kecil Kita dapat bermain dalam satu kelompok besar, namun siswa yang pemalu mungkin merasa ini menakutkan karena tekanan untuk memberikan jawaban yang benar.

8. Pictionary

Klasik lama tetapi juga cara yang bagus bagi siswa untuk memvisualisasikan pemahaman siswa dalam permainan tim yang menyenangkan.

Bahan Bahan yang di butuhkan: papan tulis dan pena atau potongan kertas dan pensil/pena, ditambah daftar konsep khusus subjek.

Langkah Langkah KegiatanSiswa bekerja dalam kelompok kecil. Satu siswa dari setiap kelompok dipilih untuk memulai dan siswa harus menggambar konsep terkait mata pelajaran yang Kita nyatakan, dalam waktu tertentu (30 detik – 2 menit). Anggota kelompok yang lain kemudian harus menebak apa yang dia gambar. Kelompok pertama yang menebak kata dengan benar menang. Permainan berulang sampai setiap siswa mendapat giliran/tidak ada lagi kata dalam daftar Kita.

Rancangan Alternatif: Siswa dapat membuat model konsep dengan menggunakan playdough untuk ditebak oleh temannya.

9. Kuis

Permainan kuis yang menyenangkan dan menarik ini memungkinkan Kita untuk menguji pengetahuan siswa Kita, dalam mata pelajaran apa pun, menggunakan aktivitas tim kelas yang memotivasi.

Bahan Bahan yang di butuhkan: papan tulis interaktif, perangkat untuk siswa Kita atau suite TI, dan kuis Quizalize (buat sendiri atau pilih dari ribuan kuis yang dibuat oleh guru dari seluruh dunia).

Game: Setelah Kita membuat atau menemukan kuis di Quizalize, berikan saja kepada siswa Kita dan siswa dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun – tidak perlu menginstal aplikasi! Siswa mengunjungi zzi.sh , memasukkan kode kelas siswa (ditampilkan di layar 'Luncurkan Tampilan Game') diikuti dengan nama siswa dan kemudian siswa dapat memainkan kuis. Hasil siswa muncul secara real-time, sehingga siswa dapat melacak skor siswa saat siswa bermain ( Klik di sini untuk mendaftar dan mengetahui lebih lanjut ).

Rancangan Alternatif: Kita juga dapat mengatur kuis Kuis sebagai pekerjaan rumah interaktif.

10. Jempol Ke Atas, Jempol Ke Bawah

Meskipun permainan ini tidak akademis, ini adalah alat manajemen perilaku yang sangat baik yang mendukung kerja keras di antara siswa.

Langkah Langkah Kegiatan3 – 4 siswa dipilih untuk berdiri di depan ruangan. Sisa kelas kemudian meletakkan kepala siswa di atas meja dan mengangkat ibu jari siswa ke udara. 3 – 4 siswa di depan kemudian dengan hati-hati berjinjit di sekitar kelas dan dengan lembut mencubit satu ibu jari masing-masing, dari siswa dengan kepala di bawah. 3-4 siswa kembali ke depan ruangan, setelah siswa menjepit ibu jari, dan kelas mengangkat kepala. Siswa yang ibu jarinya dicubit kemudian berdiri dan harus menebak siapa yang menjepitnya. Jika siswa menebak dengan benar maka siswa bertukar dengan siswa di depan, dan permainan berlanjut.

Rancangan Alternatif: Untuk membuat akademik ini Kita dapat mengajukan pertanyaan terkait mata pelajaran untuk memilih siswa untuk setiap putaran.

Cobalah permainan kelas yang menarik ini bersama siswa Kita dan dorong siswa untuk menerapkan pengetahuan siswa dengan cara baru. Permainan kelompok yang sederhana namun efektif ini adalah tambahan yang bagus untuk rencana pelajaran apa pun.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url