Universitas Dengan Fakultas Kedokteran Terbaik Tahun 2023

Fakultas kedokteran merupakan salah satu program studi yang sangat diinginkan oleh banyak mahasiswa. Selain prospek kerja yang baik, bidang kedokteran juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Di Indonesia, terdapat beberapa universitas yang memiliki fakultas kedokteran yang berkualitas tinggi.

Universitas Dengan Fakultas Kedokteran Terbaik



Universitas Dengan Fakultas Kedokteran Terbaik

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dalam bidang kedokteran. Pada tahun 2016, fakultas kedokteran UGM berhasil meraih juara umum dalam Indonesian Medical Olimpiade. Selain itu, fakultas kedokteran UGM juga memiliki berbagai macam penghargaan baik di Indonesia maupun di negara luar. 

Pada tahun 2019, UGM berhasil meraih juara 2 dalam lomba penulisan karya ilmiah Gajah ASEAN Medical Student Conferences di Thailand. Pada tahun 2016, fakultas kedokteran UGM juga berhasil masuk peringkat 251-300 dunia dalam bidang Lifestyle dan Medis. Fakultas kedokteran UGM juga memiliki passing grade yang tinggi yaitu 60,70%.

2. Universitas Diponegoro

Selanjutnya, Universitas Diponegoro (UNDIP) juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dalam bidang kedokteran. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) memiliki reputasi yang baik dalam bidang pendidikan, riset, dan pelayanan kesehatan. Fakultas Kedokteran UNDIP juga memiliki passing grade yang cukup tinggi yaitu 52,5%.

3. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dalam bidang kedokteran. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) memiliki reputasi yang baik dalam bidang pendidikan, riset, dan pelayanan kesehatan. Fakultas Kedokteran UI juga memiliki passing grade yang cukup tinggi yaitu 60,2%.

4. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Unair) juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dalam bidang kedokteran. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) memiliki reputasi yang baik dalam bidang pendidikan, riset, dan pelayanan kesehatan. Fakultas Kedokteran Unair juga memiliki passing grade yang cukup tinggi yaitu 58,1%.

5. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran (Unpad) juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dalam bidang kedokteran. Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) memiliki reputasi yang baik dalam bidang pendidikan, riset, dan pelayanan kesehatan. Salah satu prestasi internasional yang dicapai oleh fakultas kedokteran Unpad adalah di ajang Seoul International Invention Fair 2019 yang berhasil mendapatkan medali perunggu. Fakultas Kedokteran Unpad juga memiliki passing grade yang cukup tinggi yaitu 53,5%.

Ke lima universitas di atas merupakan universitas terbaik di Indonesia dalam bidang kedokteran. Namun, sebagai mahasiswa yang akan mengambil program studi kedokteran, ada baiknya juga melakukan riset dan survey terkait fasilitas, dosen, dan kurikulum yang ditawarkan oleh universitas tersebut. Hal ini penting untuk menentukan universitas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu sebagai mahasiswa.

Selain itu, sebagai calon dokter, sangat penting untuk memiliki semangat belajar yang tinggi, rasa tanggung jawab yang tinggi, dan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui belajar yang rutin dan disiplin, serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bidang kedokteran.

Secara keseluruhan, memilih universitas dengan fakultas kedokteran terbaik akan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi kalian untuk menjadi dokter yang handal dan berkualitas. Namun, pada akhirnya, kesuksesan Anda sebagai dokter juga tergantung pada usaha dan kerja keras kamu sendiri.

Next Post Previous Post