20 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Gurupertama. Mungkin saat ini kamu sedang bingung dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Ada banyak jurusan yang populer di kalangan siswa SMA, seperti manajemen, akuntansi, kedokteran, psikologi, dan hubungan internasional. Namun, jurusan-jurusan ini sering dikenal sebagai jurusan yang sangat sulit untuk dimasukkan karena banyak peminatnya.

20 Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Tapi Sangat Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jangan khawatir, admin blog telah memiliki rekomendasi jurusan yang sepi peminat namun masih memiliki prospek kedepan yang sangat baik. Berikut adalah 20 jurusan kuliah yang sepi peminat tapi sangat dibutuhkan di dunia kerja:

1. Ilmu Perpustakaan - Jurusan ini bukan sekadar menjadi penjaga perpustakaan saja, tapi juga menyimpan banyak peluang yang bisa diambil. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai document controller atau sekretaris. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

2. Kehutanan - Jurusan ini akan membuat kamu berkontribusi dalam misi penyelamatan hutan di Indonesia. Berbagai instansi BUMN, konservasi nasional, hingga internasional sangat membutuhkan jurusan ini. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Pertanian Bogor, Universitas Mulawarman, dan Universitas Lampung.

3. Ilmu Arkeologi - Jurusan ini mempelajari dan meneliti kondisi barang serta jejak zaman dahulu. Jurusan ini sangat dibutuhkan untuk meneliti penemuan-penemuan masa lalu yang baru saja ditemukan. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana, dan Universitas Hasanuddin.

4. Ilmu Kelautan - Jurusan ini akan mempelajari tentang laut, ikan, dan sumber daya alam laut lainnya. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai ahli kelautan, ekologi laut, atau pengelola sumber daya alam laut. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, dan Universitas Sam Ratulangi.

5. Ilmu Kesejahteraan Sosial - Jurusan ini akan mempelajari tentang cara meningkatkan kesejahteraan sosial di masyarakat. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai penyedia layanan sosial, konsultan kesejahteraan sosial, atau pegawai di lembaga sosial. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Padang.

6. Ilmu Pertanian - Jurusan ini akan mempelajari tentang cara mengelola tanaman, pertanian, dan sumber daya alam lainnya. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai petani, pengelola kebun, atau pegawai di lembaga pertanian. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, dan Universitas Tanjungpura.

7. Ilmu Keolahragaan - Jurusan ini akan mempelajari tentang cara mengelola dan meningkatkan kondisi fisik serta kesehatan manusia. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai pelatih olahraga, konsultan kesehatan, atau pegawai di lembaga kesehatan. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Padang.

8. Ilmu Komunikasi - Jurusan ini akan mempelajari tentang cara berkomunikasi dengan baik dan efektif. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai jurnalis, public relations, atau pegawai di perusahaan. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Padang.

9. Ilmu Hukum - Jurusan ini akan mempelajari tentang hukum dan perundang-undangan. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai pengacara, hakim, atau pegawai di lembaga hukum. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Padang.

10. Ilmu Sosial Ekonomi - Jurusan ini akan mempelajari tentang ekonomi dan sosial. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai analis ekonomi, konsultan sosial, atau pegawai di lembaga pemerintah. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Padang. Ilmu Teknik - Jurusan ini akan mempelajari tentang teknologi dan permasalahan teknis. 

Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai insinyur, teknisi, atau pegawai di perusahaan teknologi. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada.

12. Ilmu Administrasi Negara - Jurusan ini akan mempelajari tentang administrasi pemerintahan dan pengelolaan negara. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai pegawai pemerintah, konsultan administrasi negara, atau pegawai di lembaga pemerintah. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Padang.

13. Ilmu Pertanahan - Jurusan ini akan mempelajari tentang pengelolaan tanah dan sumber daya alam lainnya. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai pengelola tanah, konsultan pertanahan, atau pegawai di lembaga pemerintah. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada.

14. Ilmu Lingkungan - Jurusan ini akan mempelajari tentang lingkungan dan masalah lingkungan. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai ahli lingkungan, konsultan lingkungan, atau pegawai di lembaga lingkungan. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada.

15. Ilmu Geografi - Jurusan ini akan mempelajari tentang geografi dan masalah geografi. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai ahli geografi, konsultan geografi, atau pegawai di lembaga geografi. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Padang.

16. Ilmu Keamanan - Jurusan ini akan mempelajari tentang keamanan dan masalah keamanan. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai analis keamanan, konsultan keamanan, atau pegawai di lembaga keamanan. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain  Ilmu Teknik Sipil - Jurusan ini akan mempelajari tentang teknologi dan permasalahan teknis dalam bidang konstruksi. 

Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai insinyur sipil, teknisi sipil, atau pegawai di perusahaan konstruksi. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada.

17. Ilmu Teknik Elektro - Jurusan ini akan mempelajari tentang teknologi dan permasalahan teknis dalam bidang listrik. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai insinyur elektro, teknisi elektro, atau pegawai di perusahaan listrik. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada.

18. Ilmu Teknik Mesin - Jurusan ini akan mempelajari tentang teknologi dan permasalahan teknis dalam bidang mesin. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai insinyur mesin, teknisi mesin, atau pegawai di perusahaan mesin. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada.

19. Ilmu Teknik Kimia - Jurusan ini akan mempelajari tentang teknologi dan permasalahan teknis dalam bidang kimia. Lulusan dari jurusan ini akan berprofesi sebagai insinyur kimia, teknisi kimia, atau pegawai di perusahaan kimia. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada.

Itulah 20 jurusan kuliah yang sepi peminat tapi sangat dibutuhkan di dunia kerja. Semoga informasi ini membantu kamu dalam memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan minat dan passion kamu. Jangan lupa untuk mengecek syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan serta fasilitas yang disediakan di kampus-kampus yang menyediakan jurusan tersebut. 

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan riset dan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai prospek kerja dan peluang karir yang ditawarkan oleh jurusan tersebut. Ingat, pilihan jurusan kuliah yang tepat akan membantumu dalam mencapai kesuksesan di masa depan.

Next Post Previous Post