10 Jurusan Paling Dicari di BUMN

Gurupertama. Bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di Indonesia merupakan impian banyak orang. BUMN di Indonesia memiliki berbagai jenis industri, seperti pertambangan, infrastruktur, transportasi, dan lain-lain. Oleh karena itu, BUMN memerlukan berbagai kompetensi jurusan perkuliahan dari calon karyawannya. Namun, ada beberapa jurusan yang umum ditemui di BUMN dan dianggap sebagai jurusan yang paling dicari.

10 Jurusan Paling Dicari di BUMN

Berdasarkan pengalaman dan lowongan-lowongan PWM (Penerimaan Pegawai Wajib Magang), jurusan yang paling banyak dibutuhkan di BUMN adalah:

1. Teknik Sipil: Jurusan ini bisa dibilang sebagai teknik yang paling banyak dibutuhkan dimanapun. Hal ini dikarenakan perusahaan apapun akan memiliki bangunan dan yang mengelolanya adalah orang Teknik Sipil. Selain itu, orang Teknik Sipil juga dapat bekerja sebagai Project Manager karena manajemen proyek merupakan ilmu induk dari teknik sipil.

2. Ekonomi: Jurusan ini sangat dibutuhkan di BUMN karena perusahaan ini merupakan perusahaan besar yang membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik. Lulusan Ekonomi dapat bekerja sebagai analis keuangan, auditor, atau manajer keuangan.

3. Teknik Elektro: Jurusan ini dibutuhkan di BUMN yang bergerak di bidang energi, telekomunikasi, dan transportasi. Lulusan Teknik Elektro dapat bekerja sebagai teknisi, engineer, atau manajer proyek.

4. Teknik Mesin: Jurusan ini dibutuhkan di BUMN yang bergerak di bidang pertambangan, industri, dan transportasi. Lulusan Teknik Mesin dapat bekerja sebagai teknisi, engineer, atau manajer proyek.

5. Teknik Industri: Jurusan ini dibutuhkan di BUMN yang bergerak di bidang industri, logistik, dan manufaktur. Lulusan Teknik Industri dapat bekerja sebagai analis proses, engineer, atau manajer produksi.

6. Teknik Kimia: Jurusan ini dibutuhkan di BUMN yang bergerak di bidang pertambangan, industri, dan lingkungan. Lulusan Teknik Kimia dapat bekerja sebagai analis laboratorium, engineer, atau manajer proyek.

7. Teknik Arsitektur: Jurusan ini dibutuhkan di BUMN yang bergerak di bidang konstruksi dan properti. Lulusan Teknik Arsitektur dapat bekerja sebagai desainer, engineer, atau manajer proyek. Mereka akan bertanggung jawab dalam merancang dan merencanakan proyek-proyek konstruksi serta memastikan bahwa proyek tersebut sesuai dengan standar yang ditentukan dan sesuai dengan kebutuhan klien.

8. Ilmu Hukum: Jurusan ini dibutuhkan di BUMN yang membutuhkan tenaga hukum untuk menangani masalah hukum dalam perusahaan. Lulusan Ilmu Hukum dapat bekerja sebagai legal advisor, notaris, atau advokat. Mereka akan membantu perusahaan untuk memastikan bahwa kegiatan perusahaan tidak melanggar hukum dan juga memastikan bahwa perusahaan telah memenuhi persyaratan hukum yang berlaku.

9. Manajemen: Jurusan ini dibutuhkan di BUMN untuk mengelola perusahaan dengan baik. Lulusan Manajemen dapat bekerja sebagai manajer, analis, atau administrator. Mereka akan bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya perusahaan dan membuat keputusan yang tepat serta mengelola operasi perusahaan secara efektif.

10. Teknik Informatika: Jurusan ini dibutuhkan di BUMN yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Lulusan Teknik Informatika dapat bekerja sebagai teknisi, engineer, atau manajer sistem. Mereka akan bertanggung jawab dalam mengelola dan mengoptimalkan sistem teknologi informasi perusahaan serta memastikan bahwa sistem tersebut berjalan dengan baik dan aman.

Itu adalah 10 jurusan yang paling dicari di BUMN di Indonesia. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua BUMN membutuhkan lulusan dari jurusan yang sama. Setiap BUMN memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga sangat penting bagi calon karyawan untuk mengevaluasi kebutuhan BUMN yang ingin mereka masuki dan mempersiapkan diri dengan baik.

Sumber Chanel : Bagus Satrio Utomo

Next Post Previous Post