Teknik Dasar Lompat Jauh dan Penjelasannya

Lompat jauh termasuk cabang olahraga atletik yang biasa dilakukan dalam kompetisi atletik. Dalam cabang olahraga ini, atlet diharuskan untuk melakukan lompatan ke depan sejauh mungkin dengan menggunakan teknik yang tepat. Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan ketepatan dalam melakukan lompatan agar dapat mencapai jarak lompatan yang maksimal.

Teknik Dasar Lompat Jauh dan Penjelasannya

Sejarah lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang sudah ada sejak zaman kuno. Sejarah lompat jauh bisa ditelusuri hingga zaman Yunani kuno, di mana lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang populer dan diikuti oleh banyak atlet. 

Pada masa itu, lompat jauh dilakukan dengan menggunakan gaya jongkok atau gaya orthodok yang masih digunakan sampai sekarang. Seiring berjalannya waktu, teknik dan cara melakukan lompat jauh terus berkembang, sehingga lompat jauh menjadi cabang olahraga yang lebih disukai oleh banyak orang di seluruh dunia.

Apa itu lompat jauh dan tekniknya?

Lompat jauh adalah cabang olahraga atletik yang memerlukan atlet untuk melakukan lompatan ke depan sejauh mungkin. Dalam lompat jauh, atlet biasanya berlari ke depan sebelum melakukan lompatan dengan menggunakan teknik yang tepat. Teknik lompat jauh yang baik melibatkan kombinasi dari kecepatan, kekuatan, dan teknik lompatan yang tepat.

Tujuan utama dari lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan yang maksimal dengan menggunakan teknik yang tepat. Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan ketepatan dalam melakukan lompatan agar dapat mencapai jarak yang maksimal. 

Tujuan utama dari lompat jauh adalah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi atlet serta membantu atlet untuk meraih hasil yang baik dalam kompetisi lompat jauh.

Berapa jenis lompat jauh?

Dalam cabang olahraga atletik, ada tiga jenis lompat jauh yang biasa dilakukan, yaitu 

Lompat Jauh Gaya Jongkok (Gaya Orthodok)

Lompat Jauh Gaya Menggantung (Gaya Schnepper)

Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air)

4. Teknik Dasar Lompat Jauh dan Penjelasannya

Teknik dasar lompat jauh meliputi beberapa langkah yang harus dilakukan oleh atlet sebelum melakukan lompatan, yaitu:

1. Teknik Awalan:

Teknik Awalan: Pada tahap ini, atlet harus berdiri tegak dengan kaki selebar bahu dan tangan di sisi tubuh. tahap ini, atlet mulai berlari ke depan dengan kecepatan yang semakin meningkat. Atlet harus memperhatikan posisi tangannya dan menggerakkannya secara bersamaan dengan kaki untuk membantu meningkatkan kecepatan.

Selain itu, teknik awalan ini juga dapat dinilai sebagai suatu tindakan untuk mendapatkan kecepatan horizontal secara maksimal yang kemudian diubah menjadi kecepatan vertikal ketika melakukan tolakan.

Jarak awalan lompat jauh adalah jarak yang dilalui oleh atlet sebelum melakukan lompatan dalam cabang olahraga lompat jauh. Jarak awalan biasanya ditentukan oleh panjang lapangan lompat jauh, kecepatan awal atlet, dan teknik lompatan yang digunakan oleh atlet.

Jarak awalan yang optimal dapat membantu atlet untuk mencapai jarak lompatan yang maksimal dan meraih hasil yang baik dalam kompetisi lompat jauh. Namun, jarak awalan yang terlalu panjang atau terlalu pendek dapat mengganggu keseimbangan dan teknik lompatan atlet, sehingga dapat mengurangi jarak lompatan yang dihasilkan.

2. Teknik Tolakan:

Pada tahap ini, atlet harus mengangkat kaki belakang dan menggunakan impuls dari gerakan menggulung untuk melakukan lompatan ke depan. Saat melakukan lompatan, atlet harus menekuk lutut kaki depan dan mengimbangi gerakan dengan tangan untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh.

3. Tehnik Melayang:

Tehnik Melayang dalam teknik ini, gerakannya harus dilakukan setelah meninggalkan balok tumpuan. Ketika melakukan teknik gerakan melayang ini, badan peserta harus tetap terjaga keseimbangannya. Ayunan kedua tangan juga bisa membantu peserta untuk menjaga keseimbangan tubuh mereka

4. Tehnik Mendarat:

Mendarat: Setelah melakukan lompatan, atlet harus mendarat dengan kaki depan terlebih dahulu dan segera menggerakkan kaki belakang ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat mendarat. Pada saat mendarat, atlet harus menekan kaki ke tanah dengan sekuat mungkin untuk mengabsorbsi energi impact yang terjadi.

Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah

Teknik mendarat yang benar pada lompat jauh adalah dengan menggunakan kaki depan terlebih dahulu untuk mendarat, kemudian menggerakkan kaki belakang ke depan sehingga tubuh atlet terlentang di tanah. Pada saat mendarat, atlet harus menjaga keseimbangan tubuhnya dan menekan kakinya ke tanah sekuat mungkin untuk mengabsorbsi energi impact yang terjadi. 

Setelah mendarat, atlet harus segera bangkit dan melanjutkan lari ke depan untuk menghindari penalti jarak.

Demikianlah artikel admin tentang Teknik Dasar Lompat Jauh dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post