Apa itu LKPD dan Langkah Langkah Membuatnya

Pada artikel kali ini admin akan membahas sebuah topik tentang Apa itu LKPD dan Langkah Langkah Membuatnya. LKPD tentunya memiliki banyak manfaat baik itu dari segi guru maupun siswa. Namun untuk membuat LKPD ini kita terlebih dahulu perlu mengetahuai apa itu LKPD dan Langkah langkahnya.

Apa itu LKPD dan Langkah Langkah Membuatnya

Dalam artikel ini admin akan menjelaskan lebih detai apa itu LKPD dan bagaimana langkah langkah membuatnya. Agar sekiranya LKPD yang di buat bisa berguna dengan baik.

Apa itu LKPD dan contohnya?

LKPD, atau Lembar Kerja Peserta Didik, adalah bahan ajar cetak berupa lembaran yang berisi materi ringkasan atau petunjuk-petunjuk pelaksanaan pembelajaran yang harus dikerjakan oleh siswa atau peserta didik. Tujuan dari LKPD adalah untuk memudahkan guru dalam menyampaikan suatu konsep dan memperkuat konsep tersebut, serta membantu siswa dalam memahami konsep tersebut dengan lebih mudah. Bentuk dari LKPD bisa sangat bervariasi, mulai dari yang menuntun siswa dalam menemukan suatu konsep hingga yang digunakan sebagai penuntun belajar atau evaluasi.

Sebelumnya, LKPD ini dikenal dengan sebutan LKS, atau Lembar Kerja Siswa. Namun, untuk mengikuti perkembangan zaman dan istilah yang lebih sesuai dengan konteks pembelajaran saat ini, maka LKS diganti dengan LKPD. Dengan demikian, LKPD merupakan versi terbaru dari LKS yang lebih modern dan sesuai dengan perkembangan zaman.

LKPD sangat bermanfaat bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran, terutama jika diberikan dengan tepat sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat siswa. Selain itu, LKPD juga membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Langkah-langkah membuat lembar kerja siswa?

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat LKPD :

1. Menentukan  tujuan dari lembar kerja tersebut. IApakah tujuannya untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan, atau hanya sebagai latihan tambahan? Ini akan membantu Anda menentukan jenis pertanyaan atau aktivitas yang akan Anda sertakan dalam lembar kerja tersebut.

2. Pilihlah materi yang akan dicakup dalam lembar kerja. Pastikan teman guru memilih materi tersebut telah teman guru ajarkan secara detail kepada siswa sebelumnya, agar lembar kerja tersebut tidak terlalu sulit atau terlalu mudah peserta didiknya.

3. Buat struktur lembar kerja. Menentukan jumlah pertanyaan atau aktivitas yang akan teman guru sertakan, dan susun dengan logis sesuai dengan materi yang telah diajarkan.

4. Buat pertanyaan atau aktivitas yang tepat. Pastikan teman guru di dalam pertanyaan atau aktivitas tersebut sesuai dengan tujuan lembar kerja dan tingkat kesulitan yang sesuai dengan peserta didiknya.

5. Tambahkan petunjuk atau panduan yang diperlukan. Jika lembar kerja mencakup aktivitas yang memerlukan petunjuk khusus, tentunya kita perlu untuk menambahkannya agar pesertadidiknya paham dengan apayang akan dia lakukan .

6. Cetak atau salin lembar kerja. Setelah semuanya selesai, teman guru dapat mencetak atau menyalin lembar kerja tersebut untuk disebarluaskan kepada siswa.

7. Berikan lembar kerja kepada siswa dan bimbing mereka dalam mengerjakannya. Pastikan untuk memonitor kemajuan siswa dan memberikan bantuan apabila diperlukan oleh peserta didiknya.

Demikaianlah artikel admin tentang Apa itu LKPD dan Langkah Langkah Membuatnya. Semoga artikel ini membantu dalam membuat LKPD.

Next Post Previous Post