Perlengkapan dan Peralatan Tenis Meja

Perlengkapan dan Peralatan Tenis Meja


Bermain tenis meja akan lancar jika perlengkapan atau peralatanya terpenuhi semua. Adapun perlengkapan yang harus tersedia antara lain meja, jala (net) dan tiang, alat pemukul (raket atau bet), ruang permainan, bola, dan pakaian pemain. 

Perlengkapan dan Peralatan Tenis Meja 

Adapun peralatan yang diperlukan dalam permainan tenis meja. Admin guru pertama akan uraikan satu persatu

1. Peralatan Tenis Meja yang Pertama adalah Meja 

Meja yang digunakan buat pertandingan nasional ataupun internasional berupa segi panjang. Permukaan meja rata serta dicat dengan warna hitam serta pudar, sehingga tidak menyilaukan mata. Adapun ukuran meja tenis meja sebagai berikut :
a. Panjang meja = 271 cm dan jika diukur hingga garis tepi (sid& lines) panjangnya menjadi 274 cm. 
b. Lebar meja = 152,5 cm dişébut juga dengan garis ujung (end lines). 
c. Tinggi meja dari lantai 76 cm. 
Di sekitar tepi meja terdapat garis yang bercorak putih. Garis tersebut berdimensi 2 centimeter. Buat permainan ganda, terdapat garis tengah yang lebarnya 3 milimeter.

Bahan meja bisa dibuat dari apa saja. Namun, standar internasional umumnya memakai bahan yang bersifat masonite ataupun bahan seragam dari pabrikan yang ditambah susunan halus dan pelapis akhir yang rendah gesekan. Permukaan meja wajib bisa meman- tulkan bola yang dijatuhkan dari ketinggian 30 centimeter setinggi 23 centimeter secara menyeluruh. 

2. Jala (Net) dan Tiang 

Permukaan meja dibagi menjadi dua jala (net) yang terbentang tegak lurus. Adapun ukuran jala (net) sebagai berikut. :
a. Panjang = 183 cm. 
b. Tinggi dari permukaan meja= 15,25 cm. Jarak tiang jala dengan 
c. meja masing-masing = 15,25 cm. 
Jala (net) dalam permainan tenis meja memiliki peranan yang sangat penting. Sama halnya dengan permainan lain yang menggunakan net, yaitu bulu tangkis dan tenis. Dengan net, pemain dapat mengetahui bahwa bola masuk atau keluar, sehingga mendapatkan poin atau tidak, 

3. Alat Pemukul (Raket atau Bet) 

Perlengkapan pemukul( raket ataupun bet) yang dimensi dan beratnya tidak ditentukan. Syarat mengenai raket ini cuma diberlakukan khusus buat karet berbintik yang menutupi kedua sisi permukaan raket. Permukaan raket wajib dilapisi dengan salah satu jenls karet, ialah karet berbintik( pimpled rubber) yang mempunyai ketebalan optimal 2 milimeter.

Bisa pula memakai tipe karet sandwich( susunan karet busa serta karet yang bintiknya menonjol keluar ataupun ke dalam) yang tebalnya maksimal 4 milimeter. Permukaan raket wajib ber warna tua/ pudar. Tidak boleh menyilaukan mata serta mengkilap dan warna permukaan karet wajib berlainan misalnya permukaan satu bercorak merah serta permukaan yang lain bercorak gelap. 

4. Bola 

Bola yang digunakan dalam game tenis meja umumnya dibuat dari bahan celluloid maupun bahan plastik seragam serta wajib berwarna putih ataupun oranye, serta kasat ataupun tidak licin mengkilap( matt). Wujud bola- nya bulat berongga( spherical), dengan diameter 40 milimeter dengan berat 2, 7 gr serta keliling 14, 43- 12, 06 centimeter.

Bola tenis meja bila dijatuhkan dari atas permukaan meja yang tingginya 0, 5 centimeter bisa memantul kembali dengan tinggi 20 centimeter serta tidak lebih dari 23 centimeter. 
5. Ruang Permainan 
Adapun Ruang permainan tenis meja ialah salah satu cabang berolahraga per- mainan yang dimainkan di dalam ruangan( in- door). Oleh sebab itu, supaya game berjalan mudah, wajib memikirkan pula ukuran dari ruang permainan.

Ruang permainan tenis meja wajib berdimensi minimun panjangnya 14 meter serta lebarnya 7 meter. Tidak hanya itu, warna cat dalam ruangan wajib sama, jangan campuran. Penerangan/ lampu yang terdapat di dalam ruangan wajib lumayan cerah. Sinar lampu posisinya tidak boleh rendah maupun sangat besar, kira- kira 3 meter di atas lantai. 

6. Pakaian Pemain 

Selain perlengkapan-perlengkapan yang telah disebutkan di atas, perlengkapan lain yang harusS dipenuhi oleh seorang atau regu tenis meja dalam suatu pertandingan adalah pakaian seragam pemain. Pakaian pemain tenis meja pria dan wanita biasanya ada perbedaan, yaitu jika pemain pria memakai celana, sedangkan pemain wanita memakai rok. 
Akan tetapi, pemain wanita pun dapat memakai celana. Secara keseluruhan, pakaian pemain tenis meja terdiri dari kaos lengan pendek, celana pendek atau rok pendek (skirt), kaos kaki, dan sepatu latihan atau tanding. Baju, celana atau rok pendek tersebut harus berwarna gelap atau tua dan merata, tidak putih dan tidak memakai kombinasi. 
Tetapi, sebagian atau keseluruhan leher baju (kraag), lengan baju, serta samping sepanjang lipatan atau jahitan baju boleh berwarna lain, asalkan tidak putih.

Itulah artikel admin tentang Perlengkapan dan Peralatan Tenis Meja . Semoga bermanfaat
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url