Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Penjelasannya

Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Penjelasannya

Permainan Bola Voli merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam permainan Bola Voli, diperlukan dua regu yang masing-masing terdiri dari enam orang. Salah satu kunci dari permainan Bola Voli yang baik adalah dengan menguasai teknik dasar yang benar.

Permainan Bola Voli pertama kali diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Pada saat itu, ia bekerja sebagai kepala instruktur olahraga di YMCA di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Morgan menciptakan permainan ini dengan menggabungkan elemen dari beberapa permainan lain, seperti tenis, handball, dan basket, untuk menciptakan sebuah permainan yang sesuai untuk program olahraga indoor di YMCA. Ia menamakan permainan ini "Mintonette" namun dikenal dengan nama Bola Voli saat ini.

Teknik dasar dalam permainan Bola Voli meliputi beberapa hal, seperti servis, passing, smash, blok, dan lain-lain. Setiap teknik memiliki cara yang berbeda dalam melakukannya, namun semuanya memerlukan koordinasi antar pemain dan konsentrasi yang tinggi. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara rinci teknik dasar permainan Bola Voli dan penjelasannya agar dapat mempermudah dalam mempelajarinya..

Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Penjelasannya

1. Teknik Servis 

Teknik servis merupakan teknik dasar pertama yang harus dikuasai dalam permainan bola voli. Servis adalah penyajian bola voli pertama dalam bermain bola voli. Hal yang perlu diperhatikan dalam servis adalah sikap badan, pandangan lambungan bola, dan timing yang tepat saat memukul bola. Servis dibedakan menjadi dua, yaitu servis atas dan servis bawah.

Teknik servis atas melibatkan beberapa tahapan, yaitu mengambil sikap awal dengan meletakkan kaki kiri lebih depan dibandingkan dengan kaki kanan, memegang bola dengan menggunakan salah satu tangan, dan lambung bola ke atas sebelum memukul bola dengan telapak tangan.

Sedangkan teknik servis bawah melibatkan beberapa tahapan, yaitu berdiri di area servis, memajukan kaki kiri lebih maju dibandingkan dengan kaki kanan, memegang bola dengan tangan kiri yang diarahkan ke depan dan tangan kanan yang mengepal, ayunkan bola dari belakang dengan tangan kiri ke atas, dan memukul bola dengan tangan kanan tepat pada bagian bawah bola hingga melewati net di daerah lawan.

2. Teknik Passing

Selain teknik servis, terdapat juga teknik passing bawah dan teknik passing atas. Passing dalam bola voli adalah upaya untuk mengoperkan bola ke teman setim dengan menggunakan teknik tertentu. Teknik passing bawah melibatkan beberapa tahapan, yaitu berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dan lutut ditekuk, rapatkan kedua tangan dan luruskan hingga kedua jempol sejajar, ayunkan kedua tangan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu, dan bola terkena di atas pergelangan tangan.

Sedangkan teknik passing atas melibatkan beberapa tahapan, yaitu berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dan lutut ditekuk, rapatkan kedua tangan dan luruskan hingga kedua jempol sejajar, ambil sikap dengan meletakkan kaki kiri lebih depan dibandingkan dengan kaki kanan, ayunkan kedua tangan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu, dan bola terkena di atas pergelangan tangan.

3. Teknik Smash

Selain teknik passing bawah dan teknik passing atas, terdapat juga teknik smash. Teknik smash melibatkan beberapa tahapan, yaitu berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu, lutut ditekuk dan bersiap untuk memukul bola, tangan ditarik kebelakang sambil mengejar bola, tangan diayunkan ke depan untuk memukul bola, dan tekanan yang digunakan untuk memukul bola harus tepat untuk menyelesaikan aksi.

4. Teknik Block

Terakhir, teknik blok adalah teknik yang digunakan untuk menghentikan serangan lawan dengan cara menghalangi bola saat melewati net. Teknik ini melibatkan beberapa tahapan, yaitu berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dan lutut ditekuk, rapatkan kedua tangan dan luruskan hingga kedua jempol sejajar, tangan ditarik ke belakang untuk mempersiapkan diri, lalu tangan diayunkan ke depan untuk menghalangi bola saat melewati net.

Melalui artikel yang menjelaskan teknik dasar bola voli ini, kita dapat belajar dan mengenal teknik-teknik dasar yang harus dikuasai untuk bermain bola voli dengan baik dan benar. Dengan menguasai teknik dasar bola voli ini, maka kita dapat memainkan permainan bola voli dengan lebih baik dan berguna bagi kemajuan olahraga bola voli di Indonesia.

Next Post Previous Post