Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Beserta Penjelasannya

Gurupertama. Teknik dasar dalam permainan bola basket. Bola basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia dan dimainkan oleh jutaan orang setiap tahun. Bola basket juga sangat populer di sekolah, perguruan tinggi, dan pangkalan militer. Faktanya, bola basket adalah salah satu kegiatan olahraga utama di banyak sekolah. Pemain bisa laki-laki atau perempuan dan mereka harus memakai alat pelindung saat bermain game. 

Bola basket adalah olahraga populer yang dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Olahraga ini dimainkan dengan bola dan disebut juga bola basket. Orang-orang bermain bola basket di taman bermain, lapangan dan di sekolah. Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Beserta Penjelasannya

Aturan bola basket bervariasi, tetapi permainannya sangat kompetitif jika dimainkan dalam kompetisi. Cara tradisional untuk memainkan permainan bola basket adalah dengan sebelas pemain di setiap tim. Namun, sekarang ada cara yang lebih modern untuk memainkan olahraga ini seperti menggunakan dua belas atau lima belas pemain per tim.

Untuk bermain bola basket dengan baik, seseorang harus banyak berlatih dengan bola basket. Mereka harus belajar bagaimana menggiring bola, menembak bola, mengoper bola dan bertahan melawan lawan saat bermain. Lapangan basket biasanya berbentuk persegi panjang dengan dinding di sekelilingnya. 

Lapangan biasanya memiliki keranjang yang ditempatkan di setiap ujungnya bagi pemain untuk mencoba mencetak gol. Bagian depan lapangan masing-masing tim terlihat mirip dengan rumah standar karena para pemain biasanya menggunakan rumah mereka sebagai latar belakang lapangan basket mereka. Bagian belakang lapangan masing-masing tim akan dihiasi dengan lingkaran yang sesuai dengan dartikeln lapangan lainnya.

A. Sejarah Bola Basket

Permainan bola basket diciptakan oleh Prof. Dr. James A. Naismith salah seorang gurupendidikan jasmani Young Mens Christian Association (YMCA) Springfield, Massachusets,Amerika Serikat pada tahun 1891.Gagasan yang mendorong terwujudnya cabang olahragabaruini ialah adanya kenyataan bahwa waktu itu keanggotaan dan pengunjung sekolah tersebut kianhari kian merosot.

Sebab utamanya adalah rasa bosan dari para anggota dalam mengikutilatihan olahraga Senamyang gerakannya kaku.Di samping itu kebutuhan yang dirasakan padamusim dingin untuk tetap melakukan olahraga yang menarik semakin mendesak.

B. Lapangan bola basket beserta ukurannya

1. Lapangan Bola basket

Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar National Basketball Association (NBA) dan panjang 26 meter dan lebar 14 meter untuk standar Federasi Bola Basket Internasional. 

Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Beserta Penjelasannya

Perbedaan ukuran itu mengacu pada postur tubuh pemain Amerika yang cenderung lebih besar. Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter.

Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter. Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter. Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter.

Bola Basket

Bola basket terbuat dari karet dan dilapisi bahan sintetis. Keliling bola antara 75 cm s.d. 78 cm, dan beratnya antara 600 gram s.d. 650 gram. Ketentuan standar bola dan ketika berisi udara adalah bila dipantulkan lantai yang keras dari tempat ketinggian 1,80 meter-bola akan memantul setinggi antara 1,20 meter s.d. 1,40 meter. Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Beserta Penjelasannya

Teknik dasar dalam permainan bola basket

Sama halnya dengan olahraga yang lain yang mempunyai teknik permainan bola basket yang perlu dikuasai oleh para peminatnya khususnya bagi para pemula yang ingin belajar menjadi pemain professional. 5 Teknik dasar dalam permainan bola basket adalah rebound, catching dan passing, pivot, dribbling dan juga shooting. 

Berikut ini akan kita bahas mengenai teknik-teknik dasar dalam permainan bolabasket. Berikut pembahasannya:

a) Teknik Dribbling

Dribbling adalah membawa bola ke depan dengan cara memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian baik dengan berjalan atau berlari (Stocker, 1984:74). Teknik menggiring bola dalam permainan bola basket dilakukan dengan cara dribbling.

Dalam permainan bola basket dribbling hanya boleh dilakukan dengan satu tangan, baik tangan kiri maupun tangan kanan. Dribbling dilakukan untuk melindungi bola agar bola tidak direbut lawan. dribbling dalam permainan bola basket adalah teknik.

Dribble memiliki beberapa macam teknik, antara lain:

 Between The Legs Dribble. Teknik ini menempatkan bola diantara dua kaki

 Spin Dribble. Teknik ini dilakukan dengan posisi pemain berputar 180 derajat. Teknik ini sangat efektif untuk melewati lawan. Namun teknik ini juga sangat rentan terhadap violation.

 Behind The Back Dribble. Teknik ini dilakukan dengan cara memantulkan bola dibelakang badan yang bertujuan untuk melindungi bola.

 High or Speed Dribble. Teknik ini dilakukan dengan mendribbel bola dengan kecepatan yang tinggi. Dibutuhkan latihan yang baik untuk bisa menguasai teknik ini. Karena jenis dribble ini sangat riskan untuk di steal pemain rawan jika bola tidak sabil saat melakukan dribble dengan kecepatan yang tinggi. Teknik dribble yang biasa digunakan untuk melakukan counter attack.

 Crossover Dribble. Teknik yang dilakukan dengan menggiring bola secara menyilang dari tangan kanan ke tangan kiri maupun sebaliknya. yang bertujuan menipu lawan sehingga sulit menebak arah bola.

 Change of Pace Dribble. Teknik yang menggunakan perpaduan antara kaki dan tangan.

 Low or Control Dribble. Teknik ini dilakukan dengan menggiring dengan santai. Biasanya digunakan untuk mengatur tempo pertandingan.

Latihan Dribble Bolabasket

Latihan dribbling Pasif

1) Pemain pada posisi dribbling.

2) Gunakan satu bola, dan pantulkan bola ke lantai menggunakan tangan kanan layaknya mendrible bola namun tampa berpndah tempat selama 2 menit.

3) Lakukan hal yang sama seperti nomor 2 namun dengan tangan kiri.

4) Gunakan dua bola, lakukan dribbling ditempat menggunakan dua bola. satu bola untuk mendribble tangan kanan dan yang satunya untuk tangan kiri.

Latihan Dribbling Aktif

1) Pemain pada posisi dribbling

2) Gunakan satu bola, pemain mendrible bola menggunakan tangan kanan sampai tengah lapangan dan kembali ke tempat semula

3) Lakukan hal yang sama seperti nomor dua tapi menggunakan tangan kiri

4) Gunakan dua bola, dan pemain mendribble bola menggunakan tangan kanan dan kiri sampai tengah lapangan dan kembali ketempat semula

Latihan Dribbe Zig-zag

1) Gunakan 5 kun dan posisikan lurus. Setiap kun diberi jarak 2 meter.

2) Pemain melakukan dribble dengan melewati kun secara zigzag menggunakan tenik cross over, beetwen leg, dan behind the back

3) Lakukan secara berulang-ulang

b) Teknik Catching & Passing

Passing atau operan adalah memberikan bola ke kawan dalam permainan bola basket. Passing merupakan suatu teknik dasar yang bisa dibilang mudah dari teknik dasar lain, namun juga sangat penting dalam pertandingan. Umpan yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan serangan sebuah tim dan sebuah unsur penentu tembakan-tembakan yang berpeluang mencetak angka (Oliver, 2004: 35)

1) Baseball Pass

Teknik passing ini menempatkan bola dibelakang kepala bertujuan untuk bisa melawati lawan dengan melambungkan bola basket ketika saat dilemparkan.

Berikut runtutan pelaksanaan baseball pass:

 Sikap tubuh siap dengan kaki kiri didepan

 Mula-mula bola dipegang didepan dada dengan kedua tangan

 Badan agak diconcongkan ke belakang untuk melakukan ancang-ancang passing sembari kedua tangan mengangkat bola kesamping kanan belakang kepala (sebaliknya jika kidal)

 Lemparkan bola ke teman menggunakan tangan kanan (sebaliknya jika kidal)

 Tangan kiri hanya untuk penyeimbang

 Saat melempar bola bola di ikuti follow through kaki kanan yang maju kedepan

 Usahakan bola melambung keatas, karena sifat operan ini merupakan umpan long range

2) Chest Pass (Umpan Setinggi Dada)

Chest pass atau yang sering juga disebut dengan operan dada, dimana jensi ataupun tekhnik passing ini sendiri merupakan salah satu tekhnik passing mendasar dalam bolabasket chest pass adalah teknik mengoper bola dari bagian depan dada. Berikut runtutan cara menggunakan teknik ini:

 Bola dipegang menggunakan kedua tangan

 Bola tersebut ditahan kedepan dada dengan memakai ujung dari kedua tangan

 Ibu jari harus tetap berada dibelakang bola dengan menggunakan tangan beserta ujung-ujung jari tersebut menyebar kesemua arah sisi pada bola.

 Untuk melakukan passing berat badan dapat dipindahkan kedepan saat ingin melangkah.

3) Bounce Pass (Umpan Pantul)

Umpan Pantul merupakan teknik mengumpan dengan memantulkan bola basket ke arah lantai. Dan harus anda pastikan titik pantul untuk melakukan teknik umpan pantul ini dari bola berada 3/4 dari jarak pengumpan bola.

Berikut pelaksanaannya:

 Bola dipegang menggunakan dua tangan

 Mula-mula pegang bola di depan dada

 Letakkan kaki kiri di depan (jika kidal sebaliknya)

 Lakukan passing dengan mengarahkan bola kelantai sekitar 1,5 meter agar bola dapat memantul ke teman

 Saat pelaksanaan passing kaki kanan melangkah kedepan untuk menambah kekuantan passing

4) Overhead Pass (Umpan di Atas Kepala)

Umpan ini dilakukan dengan menempatkan bola di atas kepala dan dilempar dengan kedua tangan. Dan untuk penerima bola pun harus menangkapnya dengan posisi tangan di atas kepala.

Berikut pelaksanaanya:

 Sikap persiapan yaitu posisi badan tegak

 Angkan bola dengan menggunakan dua tangan ke atas

kepala (Gambar 3.5)

 Saat posisi akan melempar arahkan badan sedikit kebelakang

 Ayunkan bola kedepan sembari di ikuti oleh ayunan badan untuk menambah kecepatan dari umpan, karena biasanya umpan ini digunakan untuk jarak jauh

C ) Teknik Shooting

Shooting merupakan sebuah teknik dasar yang frekuensinya sangat menentukan dalam meraih suatu kemenangan dalam pertandingan bola basket. Shooting dalam permainan basket adalah memasukkan bola kedalam ring basket.

Gerakan shooting merupakan kesatuan gerakan yang melibatkan mekanika dasar, termasuk pandangan mata, keseimbangan, posisi tangan, pengturan siku, dan irama tembakan (Wissel, 2000: 46). teknik bola basket yang mengarah kedalam ring basket adalah shoot.

Jenis shooting dalam bolabasket sangat bervariasi. Macam shooting dalam permainan bola basket yaitu dari one-handset shoot, jump shoot, free throw, lay up, hook shoot, runner, dan three point shoot.

1) One Hand Set Shoot

One-hand set shoot atau yang mudahnya disebut dengan set shoot merupakan salah satu tembakan dalam bolabasket dimana dalam pelaksanaannya tidak disertai dengan lompatan. Berikut pelaksanaanya:

 Pegang bola di depan dada

 Lihat target (ring)

 Pada saat memegang bola, telapak tangan kanan diletakkan dibagian tengah bola, sedangkan tangan kiri digunakan untuk menyeimbangkan bola (Sebaliknya jika kidal)

 Lutut agak ditekuk, untuk menambah kekuatan saat menembak

 Angkat bola didepan kepala

 Lemparkan bola ke ring saat bola di depan dahi menggunakan tangan kanan, tangan kiri hanya digunakan sebagai penyeimbang bola

 Saat melemparkan bola, gerakan badan ke atas mengikuti alur bola saat melempar

 Saat bola lepas dari telapak tangan, usahakan pergelangan tangan mengikuti alur bola dengan mngarahkan ke bawah (gambar) agar bola memiliki rotasi

2) Free Throw

Free throw merupakan salah satu jenis tembakan dalam yang relatif mudah dalam bola basket. free throw dibandingkan dengan tembakan lainnya yakni saat melakukan tembakan, seorang pemain tidak ada gangguan dari lawan jadi pemain dapat berkonsentrasi penuh untuk melakukan tembakan. Berikut pelaksanaanya:

 Pegang bola di depan dada

 Lihat garis free throw

 Lihat target (ring)

 Pada saat memegang bola, telapak tangan kanan diletakkan dibagian tengah bola, sedangkan tangan kiri digunakan untuk menyeimbangkan bola (Sebaliknya jika kidal)

 Lutut agak ditekuk, untuk menambah kekuatan saat menembak

 Angkat bola didepan kepala

 Lemparkan bola ke ring saat bola di depan dahi menggunakan tangan kanan, tangan kiri hanya digunakan sebagai penyeimbang bola.

 Saat melemparkan bola, gerakan badan ke atas mengikuti alur bola saat melempar (tanpa melompat)

 Saat bola lepas dari telapak tangan, usahakan pergelangan tangan mengikuti alur bola dengan mngarahkan ke bawah

3) Lay-Up

Jenis tembakan lay-up merupakan salah satu teknik yang sangat sulit. Karena jenis tembakan ini mememrlukan koordinasi tangan dan kaki, jika tidak pemain yang melakukan lay-up bisa diberikan pelanggaran.

Berikut pelaksanaannya:

 Lihat target

 Lari dan bawa bola menggunakan dua tangan

 Setelah dekat dengan ring, lakukan gerakan two step dan hop

 Two step yang dimaksud yaitu dua langakah kaki secara bergantian lalu hop yaitu menembak dengan cara memasukkan bola dengan meletakkan bola ke dalam ring

4) Runner

Runner merupakan jenis tembakan pada bolabasket yang pelaksanaanya hampir sama dengan lay-up. Namun bedanya pelepasan bola sedikit lebih jauh dari ringdan pelepasan bola tempbakan runner saat pelepasan dilakukan diatas dahi. 

Akurasi yang dihasilkan oleh tembakan runner cenderung lebih kecil dari lay up, karena runner merupakan tembakan yang dibarengi dengan berlari yang kemudian melepaskan tembakan ke dalam ring dengan jarak yang lebih jauh. Sehingga kontrol kecepatan bola sangat harus diperhatikan. Berikut pelaknaannya:

 Lihat target

 Lari dan bawa bola menggunakan dua tangan

 Melakukan two step dan hop

 Shooting bola dengan posisi lemparan diatas kepala, seperti saat melakukan set shoot.

5) Hook Shoot

Hook shoot adalah tembakan yang dilakukan dari samping dengan satu tangan di mana jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa lebih jauh. Hook shoot merupakan tembakan yang sangat penting dala penyerangan jarak dekat didaerah lawan yang mempunyai pertahanan yang ketat

Berikut rangkaian pelaksanaan hook shot:

 Lihat target

 Bawa bola menggunakan dua tangan

 Gunakan langkah two step dan hop

 Shoot bola ke dalam ring dengan posisi badan hampir sama dengan runner, namun posisi lengan saat melakukan hook berbeda dengan runner.

 Posisi lengan saat melakukan hook berada disamping badan

6) Jump Shoot

Seperti halnya namanya, jump shoot merupakan sebuah tembakan yang dalam pelaksanaannya dibarengi dengan lompatan. Lompatan yang dilakukan untuk menambah daya dorong kepada bola sehingga menghasilkan kecepatan bola yang lebih besar. Selain itu lompatan juga bertujuan untuk mengelabuhi lawan yang mencoba menghalangi saat melakukan tembakan.

Dengan melakukan sebuah lompatan, pemain lawan yang mencoba menghalangi akan sulit untuk menggapai bola sehingga bola tidak bisa di block. Berikut pelaksanaan jump shoot:

 Lihat target (ring)

 Pada saat memegang bola, telapak tangan kanan diletakkan dibagian tengah bola, sedangkan tangan kiri digunakan untuk menyeimbangkan bola (Sebaliknya jika kidal).

 Lutut agak ditekuk, untuk menambah kekuatan saat menembak

 Angkat bola didepan kepala

 Lemparkan bola ke ring saat bola di depan dahi menggunakan tangan kanan, tangan kiri hanya digunakan sebagai penyeimbang bola

 Saat melemparkan bola, di ikuti dengan melompat

 Saat bola lepas dari telapak tangan, usahakan pergelangan tangan mengikuti alur bola dengan mngarahkan ke bawah agar bola memiliki rotasi 

 Pendaratan menggunakan dua kaki

7) Shooting Three Point

Shooting three point merupakan jenis shooting yang memiliki keunggulan dalam perolehan point, pemain yang berhasil melakukan shooting three point akan langsung memperoleh tiga point. Berbeda dengan jenis tembakan lain yang hanya akan menghasilkan dua point ataupun menghasilkan satu point.

d) Pivot (Teknik Berputar)

Pengertian pivot dalam bola basket banyak ditemukan di berbagai literatur bolabasket, namun pada intinya pengertian tau definisi teknik pivot dalam bolabasket adalah gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sebagai porosnya sambil memegang bolabasket. 

Gerakan putaran pada Pivot tidak boleh sampai menggeser letak kaki (poros) yang dipakai berputar. Jika sampai geser maka sudah termasuk pelanggaran

Teknik Pivot dibagi menjadi dua yakni pivot ke depan badan dan kebelakang badan:

1) Pivot Ke Depan Badan

Seperti halnya dengan namanya, teknik pivot ke depan dilakukan dengan cara salah satu kaki dijadikan poros tumpuan, sedangkan kaki yang lain menarik badan kedepan. Hal ini biasanya dilakukan untuk melindungi bola dari sergapan lawan 

2) Pivot Ke Belakang Badan

Kebalikan dari pivot ke depan, pivot kebelakang badang dilakukan dengan cara salah satu kaki menarik badan kebelakang, sementara kaki yang lain digunakan untuk poros tumpuan

e) Teknik Rebound

Rebound merupakan salah satu istilah yang dipakai dalam olahraga basket dimana pemain mendapatkan bola pantul yang gagal masuk ring. Para pemain yang biasanya melakukan rebound adalah mereka yang berada di posisi power forward juga center.

Pemain yang memiliki tinggi badan lebih tinggi daripada pemain lain serta pemain yang tengah berada di dekat ring biasanya dapat melakukan rebound lebih efektif dibandingkan yang lain

Berikut pelaksanaan dari rebound:

1) Posisi badan siap saat teman melakukan shooting

2) Posisikan membaca arah pantuan bola seandainya bola tidak masuk kedalam ring

3) Saat bola menyentuh ring atau menyentuh papan pantul, perhatikan arah bola dan segera meloncat

4) Tangkap bola menggunakan dua tangan agar tidak direbut oleh lawan

5) Mendarat menggunakan dua kaki, agar menghindari dari cedera

6) Lingdungi bola terlebih dulu saat sudah mendarat dan baca situasi permainan

4. Peraturan Dasar Bola basket

Setiap permainan pasti memiliki peraturan yang harus anda patuhi ketika bermain dalam suatu pertandingan. Dalam permainan bolabasket pun memiliki peraturan yang harus di ketahui. Peraturan bolabasket merupakan peraturan yang bisa dibilang lebih rumit dibandingkan dengan olahraga lain, sehingga permainan ini tidak bisa dimainkan spontan sperti halnya sepakbola

 Dibawah ini admin uraikan 10 peraturan bola basket antara lain:

a) Bola dapat dilemparkan ke segala arah memakai kedua tangan atau satu tangan saja.

b) Bola dapat dipukulkan ke segala arah menggunakan kedua tangan atau satu tangan. Tetapi tidak boleh dipukul dengan kepalan tangan atau biasa disebut dengan meninju

c) Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola.

Pemain harus melemparkan bola dimana titik dia menerima bola. Tetapi diperbolehkan berlari dengan kecapatan biasa.

d) Jika salah satu tim melakukan pelanggaran sebanyak 3 kali secara berturut. Maka akan terhitung poin untuk tim lawan.

e) Bola hanya boleh dipegang oleh telapak tangan. Anggota lain atau lengan tidak diperbolehkan untuk memegang bola

f) Pemain tidak diperbolehkan memukul, mendorong atau menjegal pemain yang lain dengan segala cara.

g) Jika bola keluar lapangan, maka bola akan dilemparkan ke dalam lapangan dan dimainkan oleh pemain yang menyentuh bola pertama kali.

h) Waktu permainan 4 x 10 menit jika berpedoman dengan aturan Federasi Bola Basket Internasional. Versi National Basketball Association waktu bermain adalah 4 x 12 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit.

i) Setiap regu diberi kesempatan untuk melakukan time out sebanyak dua kali untuk setiap babak dan satu kali dalam  setiap waktu tambahan. Time out akan diberikan pada satu regu setelah pencatat skor memberitahukan pada wasit dengan bel sebagai tanda isyarat dan pada saat itu itu juga pemain diberhentikan sementara

j) Tim yang memiliki banyak point akan dinyatakan sebagai pemenang.

Kesimpulan 

Seperti olahraga lain seperti sepak bola atau tinju yang membutuhkan keterampilan dan strategi lebih dari satu jenis tindakan seperti meninju atau berlari cepat. Bola basket membutuhkan beberapa tingkat strategi bersama dengan keterampilan saat melakukan tindakan seperti menembak lingkaran dengan bola ke arah lingkaran.

Demikanlah artikel admin tentang Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Beserta Penjelasannya

Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Beserta Penjelasannya"