Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
( daftar google classroom, buat akun google play, agent citilink air, buat akun google play game, buat akun play store, aplikasi raport pts, aia asuransi jiwa, pengembangan multimedia pembelajaran, media pembelajaran video animasi, aplikasi belajar terbaik, aplikasi membuat game pembelajaran, membuat elearning dengan moodle)

Metode Pembelajaran Matematika Kreatif Mudah dan Menyenangkan

Gurupertama. Metode Pembelajaran Matematika Kreatif Mudah dan Menyenangkan. Beberapa siswa mengatakan matematika sebagai mata pelajaran yang paling sulit. Mereka berusaha untuk belajar matematika seperti yang diajarkan oleh guru menggunakan buku teks pelajaran. 

Cara Mengajar Matematika Yang Mudah dan Menyenangkan

Ini membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk memahami konsep yang paling sederhana. Tetapi jika kita menggunakan beberapa kegiatan sehari-hari, kita mugkin dapat memahaminya melalui pengetahuan praktis. 

Metode Pembelajaran Matematika Kreatif Mudah dan Menyenangkan

Dibawah ini adalah Metode Pembelajaran Matematika Kreatif Mudah dan Menyenangkan :

1. Metode Permainan video 

Trigonometri adalah ilmu tentang perhitungan segitiga dan sering digunakan dalam video game. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan video game, Anda perlu memahami konsep trigonometri dan cara kerjanya.  Misalnya, menghitung jarak antara kapal dalam permainan pesawat ruang angkasa membutuhkan pengetahuan dasar tentang segitiga.

Dengan menggunakan contoh pesawat ruang angkasa yang diberikan di atas, pemrograman game mengharuskan Anda untuk mengetahui jarak antara dua kapal perang. Itu dapat ditentukan dengan menggambar segitiga. Gambar garis di tengah di mana koordinat x dan y bertemu dan membentuk segitiga. 

Hitung panjang masing-masing sisi ini. Kemudian menggunakan trigonometri, hitung panjang garis diagonal. Pendidikan matematika di dunia nyata bagi seorang mahasiswa akademik sangat berbeda dengan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Classroom melibatkan tugas menulis untuk proyek pelajaran perguruan tinggi. 

Baca Juga : Model- Model Pembelajaran Inovatif

Segitiga siku-siku yang terkenal dan trigonometri sudut yang diajarkan di kelas mungkin berguna bagi siswa yang mengejar karir di bidang atletik. Orang lain yang mengejar karir yang berbeda mungkin tidak perlu menggunakannya. Namun demikian, persamaan bukan segitiga siku-siku pada platform PlainMath dapat membantu siswa memahami. Trigonometri. Ini adalah salah satu sumber daya online terbaik yang dipercaya siswa. 

2. Metode Menggunakan Contoh sehari-hari 

Ada beberapa cara untuk memperkuat pemahaman konsep matematika dengan menunjukkan kepada mereka campuran materi dalam konteks praktis. 

Beri mereka kesempatan dan waktu untuk mengembangkan penalaran matematika mereka dan meningkatkan kefasihan matematika mereka. Manfaatkan kesempatan belajar matematika untuk menanamkan kecintaan pada matematika. 

Kita menggunakan matematika dalam kehidupan kita sehari-hari secara sadar dan tidak sadar. Orang tua dapat menggunakan beberapa tugas sehari-hari ini untuk mengajari anak-anak cara melakukan matematika. Misalnya, mengelola uang adalah sesuatu yang dilakukan setiap hari. Ajari mereka cara mengelola uang dengan memberi mereka beberapa tugas belanja. 

Kegiatan matematika lainnya termasuk meminta mereka untuk membaca angka-angka di papan pengumuman atau menghitung tautan pada rantai. Menghitung lilin pada kue ulang tahun selama pesta ulang tahun bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar matematika. 

Orang tua juga dapat menemukan cara-cara inovatif untuk membuat mereka belajar konsep matematika. 

3. Metode Pengelolaan Uang 

Siswa dapat mulai membuat koneksi ke matematika menggunakan masalah uang dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pelajaran rasio buku teks yang mereka pelajari di sekolah dapat digunakan di sini. Aplikasi praktis yang paling umum adalah cara menghitung.

Diskon saat berbelanja. Banyak supermarket menggunakan tanda persentase pada tampilan jendela untuk meningkatkan penjualan. Misalnya, ajak anak-anak Anda untuk berbelanja bahan makanan dan minta mereka untuk mencari tahu di mana mereka dapat menemukan diskon 20%. Kemudian dengan menggunakan harga barang saat ini, buat mereka menghitung harga setelah diskon 20%. 

Ulangi proses ini dengan barang-barang belanjaan lain yang mereka gunakan, seperti sikat gigi atau sabun. Tempat lain di mana pengelolaan uang dapat membantu siswa menghargai matematika adalah dengan menggunakan suku bunga sederhana dan majemuk. 

Anak-anak dapat belajar menggunakan tarif ini dan belajar cara memilih bank terbaik untuk menyimpan uang mereka. Demikian juga, bahkan dapat digunakan untuk memutuskan kartu kredit terbaik yang akan dimiliki. 

Baca Juga : Manfaat Mengenali Gaya Belajar Peserta Didik

4. Metode Operasi aljabar 

Aljabar diperlukan di arena apa pun yang Anda kejar karir masa depan Anda. Ilmu kimia dan fisika menggunakan persamaan aljabar.  Algoritma yang digunakan dalam ilmu komputer adalah operasi aljabar. Siswa yang mengerjakan proyek arsitektur dan seni dapat menemukan jawaban matematika secara online untuk menghitung proporsi yang paling akurat. 

Ambil kasus seseorang yang mengatur alarm sebelum dia pergi tidur sehingga dia bisa bangun di pagi hari pada waktu tertentu untuk bersiap-siap bertemu seseorang. 

Menurut Anda apa yang dilakukan orang itu? Dia tanpa sadar menggunakan aljabar untuk menghitung waktu yang dibutuhkan untuk bersiap-siap, berlari ke kantor, dan berada di sana tepat waktu untuk pertemuan. 

Ambil contoh lain untuk membidik bidikan sempurna di tempat sampah. Saat melempar sesuatu, Anda secara tidak sadar menggunakan aljabar. Anda sedang memproses jarak antara Anda dan tempat sampah.  Anda juga menghitung resistansi, gaya, dan lintasan yang diperlukan untuk mendaratkan sampah dengan sempurna ke tempat sampah. 

5. Metode Memasak matematika 

Keterampilan matematika memainkan peran besar saat memasak dan sangat membantu bagi siswa yang tertarik untuk menjadi juru masak dan koki. Setiap bahan harus diukur dalam jumlah yang tepat. 

Terkadang kita harus membagi atau melipatgandakan untuk sampai pada jumlah yang tepat untuk mendapatkan rasa makanan yang diinginkan. Matematika membantu koki memperkirakan jumlah adonan yang harus disiapkan untuk memanggang jumlah roti yang disukai. 

Dalam beberapa kasus, mereka menggunakan ukuran panci atau panci untuk menentukan ukuran bahan. Untuk itu, Anda perlu tahu tentang rasio dan fraksi, seperti setengah panci atau mengisi seperempat panci dengan air. 

Baca Juga : Macam Macam Gaya Belajar dan Penjelasannya

Pengetahuan yang tepat tentang berat badan juga diperlukan saat memasak. Orang tua dapat membantu anak-anak mereka memahami cara mengukur dan menimbang bahan-bahannya. Belajar mengerjakan resep mengacu pada konsep pengukuran dan daya tarik.  Tugas pembelajaran aktif seperti ini memiliki dampak besar pada peningkatan pengetahuan matematika. 

Kesimpulan 

Menggunakan aktivitas sehari-hari Anda sebagai platform untuk memahami konsep matematika bisa sangat memikat dan dapat membuatnya lebih mudah untuk mempelajarinya di kelas. Cobalah dalam dosis kecil sampai Anda melihat hubungan antara teori kelas dan penggunaan praktis. 

Kemudian Anda akan belajar menghargai matematika pada tingkat yang berbeda. Demikianlah artikel admin tentang Metode Pembelajaran Matematika Kreatif Mudah dan Menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Metode Pembelajaran Matematika Kreatif Mudah dan Menyenangkan"