Langkah Langkah Metode Tanya Jawab Menurut Para Ahli

Gurupertama. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi artikel tentang Langkah Langkah Metode Jawab Menurut Para Ahli. Meskipun pembelajaran tanya jawab bukanlah hal baru, popularitasnya telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena bukti telah menunjukkan bahwa ini adalah cara yang efektif untuk mempelajari informasi. 

Hal ini karena ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun kefasihan dalam bahasa yang mereka pelajari, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, dan meningkatkan fleksibilitas.

Metode Pembelajaran Tanya Jawab

Metode tanya jawab merupakan cara mengajar yang efektif. Ini membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman, keterampilan berpikir, dan pengetahuan faktual mereka. Sekaligus mempererat hubungan antara guru dan murid. Metode ini terbukti paling berhasil bila digunakan bersama dengan metode lain seperti ceramah, kerja kelompok, kegiatan pemecahan masalah, dll. Langkah Langkah Metode Tanya Jawab Menurut Para Ahli

Metode pembelajaran tanya jawab adalah cara belajar yang baik. Ini membantu siswa untuk membangun pengetahuan dan memahami konsep. Ini juga membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Apa itu Metode tanya jawab menurut para ahli?

Metode tanya jawab adalah salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada interaksi antara guru dan siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Metode ini biasanya dilakukan dengan cara guru mengajukan pertanyaan kepada siswa, lalu siswa menjawab pertanyaan tersebut.

Pembelajaran ini adalah bentuk instruksi yang memungkinkan siswa mempelajari informasi dengan bertanya dan menjawab pertanyaan. Ini berbeda dengan metode pengajaran berbasis kuliah tradisional di mana profesor menyajikan informasi dan siswa diharapkan mendengarkan dan mencatat secara pasif.

Tanya jawab biasanya berbentuk latihan tanya jawab dimana siswa diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan apa yang telah dipelajarinya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari, menguji pengetahuan mereka, dan menerapkannya pada situasi baru.

Baca Juga : 10 Game Edukasi Kelas Anak SD Kelas Tinggi

Pembelajaran tanya jawab (QAL) adalah metode pengajaran di mana siswa diberi pertanyaan dan kemudian diberi kesempatan untuk menjawabnya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat diajukan secara lisan, atau dapat dituliskan pada kertas-kertas yang telah diletakkan di depan siswa. Setelah pertanyaan dijawab, pertanyaan tersebut akan dihapus dari kumpulan pertanyaan yang tersedia dan menjadi tidak tersedia untuk digunakan lebih lanjut.

Kapan sebaiknya Anda menggunakan metode pembelajaran tanya jawab?

Metode tanya jawab adalah jenis pengaturan tanya jawab, yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan menjawab pertanyaan tentang topik tertentu, secara langsung atau interaktif. 

Misalnya, pertanyaan dan jawaban metode pembelajaran dapat diatur sedemikian rupa sehingga siswa ditanyai pertanyaan tentang suatu topik, dan kemudian diberikan serangkaian instruksi yang dengannya mereka dapat menjelajahi topik tersebut lebih lengkap. Hal ini memungkinkan siswa untuk menyelam lebih dalam ke topik, dan untuk membentuk pemahaman materi yang lebih komprehensif.

Pertanyaan dan jawaban metode pembelajaran dapat menjadi cara yang bagus untuk membantu siswa membangun pengetahuan dan pemahaman mereka tentang suatu topik. Misalnya, pertanyaan dan jawaban metode pembelajaran dapat digunakan di lingkungan kelas untuk membantu siswa belajar lebih banyak tentang mata pelajaran tertentu. 

Dengan mengajukan pertanyaan tentang topik, dan kemudian memberi mereka cara untuk mengeksplorasi topik lebih lengkap, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi.

Langkah langkah metode tanya jawab menurut para ahli

Langkah Metode tanya jawab menurut Mulyana

Langkah-langkah metode tanya jawab menurut Mulyana dalam Zainal Aqib dan Ali Murtadlo (2016:205-206) : sebagai berikut.

1. Menyebutkan alasan penggunaan metode tanya jawab.

2. Mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran khusus.

3. Menyimpulkan jawaban peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran khusus.

4. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya pada hal-hal yang belum dipahami

5. Memberi pertanyaan atau kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya pada hal-hal yang sifatnya pengembangan atau pengayaan.

6. Memberi kesempatan pada peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang relevan dan sifatnya pengembangan atau pengayaan.

7. Menyimpulkan materi jawaban yang relevan dengan tujuan pembelajaraan khusus.

8. Memberi tugas kepada peserta didik. untuk membaca materi berikutnya dirumah dan menulis pertanyaan yang akan diajukan pada pertemuan berikutnya

Langkah Metode tanya jawab menurut Ramayulis

Langkah-langkah perencanaan metode Tanya jawab menurut Ramayulis,1990: 124-125 sebagai berikut :

1) menentukan topik atau materi

2) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (Dengan menggunakan metode Tanya jawab)

3) menyusun pertanyaan-pertanyaan secara tepat sesuai dengan topik atau tertentu

4) mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan siswa

Secara Umum adapun langkah langkah dalam metode tanya jawab sebagai berikut :

1. Langkah Langkah Persiapan 

Berikut ini adalah langkah-langkah perencanaan metode tanya jawab : 

1) menentukan topik atau materi 

2) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (Dengan menggunakan metode Tanya jawab) 

3) menyusun pertanyaan-pertanyaan secara tepat sesuai dengan topik atau tertentu 

4) mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan siswa

2. Langkah Langkah Pelaksanaan

Berikut ini adalah langkah-langkah pelaksanaan metode Tanya jawab 

1. Guru menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran khusus (TPK) 

2. Guru mengkomunikasikan penggunaaan metode Tanya jawab (siswa tidak hanya bertanya tetapi juga menjawab pertanyaan guru maupun siswa yang lain)

3. Guru memberikan permasalahan sebagai bahan apersepsi 

4. Guru mengajukan pertanyaan keseluruh kelas. Dalam Penyampaian pertanyaan guru bersikap dengan tenang tetapi bersemangat dan dengan suara yang jelas. 

5. Usahakan supaya tidak sering mengulang pertanyaan, agar semua siswa selalu penuh perhatian. 

6. Apabila terpaksa menggunakan istilah asing yang belum diketahui siswa dalam rangkaian suatu kalimat, jelaskanlah arti istilah itu, tetapi bukan penjelasan yang merupakan jawaban. 

7. Dalam kenyataan, pada akhir penjelasan bagian topik atau topik tertentu, guru sering memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

8. Tanya jawab harus berlangsung dalam suasana tenang dan bukan dalam suasana yang tegang dan penuh pesaiangan yang tak sehat diantara para siswa

 9. pertanyaan dapat ditujukan pada seorang siswa atau seluruh kelas, guru perlu menggugah siswa yang pemalu atau pendiam, sedangkan siswa yang pandai dan berani menjawab perlu dikendalikan untuk memberi kesempatan pada yang lain 

10. guru mengusahakan agar setiap pertanyaan hanya berisi satu masalah saja.

Untuk membuat pertanyaan dan jawaban metode pembelajaran, Anda harus terlebih dahulu melakukan brainstorming berbagai pertanyaan tentang topik tersebut. Setelah itu, Anda harus mempersempit daftar pertanyaan menjadi beberapa pilihan yang akan menjadi fokus penyusunan pertanyaan dan jawaban. Setelah Anda memilih pertanyaan, Anda harus membuat instruksi untuk diikuti siswa. Ini akan memungkinkan siswa untuk belajar lebih banyak tentang topik, dengan cara langsung.

Baca Juga : 16 Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Baik

Kelebihan dan kelemahan Metode Tanya Jawab

Ada beberapa keuntungan menggunakan metode tanya jawab di kelas. Misalnya, dapat membantu siswa mempelajari informasi baru lebih cepat. Ini juga dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan memori mereka. 

Namun, pembelajaran ini juga dapat memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, siswa mungkin menjadi bergantung pada pertanyaan dan tantangan yang diberikan oleh guru. Selain itu, metode tanya jawab bisa sulit untuk beradaptasi dengan ruang kelas yang berbeda.

Di bawah ini akan kami uraikan kelebihan dan kekurangannya menurut para ahli 

Adapun kelebihan dan Kelemahan Metode Tanya Jawab adalah:

1) Kelebihan Metode Pembelajaran Tanya Jawab

a. Mendorong siswa untuk berpikir dan mengembangkan keterampilan berpikir. Dengan menjawab pertanyaan yang diajukan guru, siswa dapat mempertajam kemampuan berpikir dan menyusun jawaban secara logis.

b. Meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Metode tanya jawab dapat membantu siswa untuk lebih terlibat dan terlibat dalam pembelajaran sehingga mereka merasa lebih nyaman dan terdorong untuk belajar.

c. Memperkaya wawasan siswa. Dengan menjawab pertanyaan yang diajukan guru, siswa dapat memperoleh informasi dan pengetahuan baru yang dapat memperkaya wawasan mereka.

d. Meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Metode tanya jawab dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis.

e. Meningkatkan kepercayaan diri siswa. Dengan menjawab pertanyaan yang diajukan guru, siswa dapat merasa lebih percaya diri dan memiliki rasa bangga terhadap pencapaian yang telah mereka raih.

2) Kelemahan Metode Tanya Jawab

a) Membutuhkan waktu lebih banyak.

b) Dengan tanya jawab dapat menimbulkan penyimpangan dari pokok persolalan.lebih-lebih jika kelompok peserta didik meberi jawaban atau mengajukan pertanyaan yang dapat menimbulkan masalah baru dan menyimpang dari pokok persoalan.

c) Dapat menimbulkan penyimpangan dari pokok persoalan/materi pelajaran, hal ini terjadi jika pendidik tidak dapat mengendalikan jawaban atas segala pertanyaan peserta didiknya. 

d) Apabila terjadi perbedaan pendapat, akan banyak menyita waktu untuk menyelesaikannya. Bahkan perbedaan pendapat antara pendidik dan peserta didik dapat menjurus ke arah negatif, di mana peserta menyalahkan pendidik, dan ini besar resikonya. 

e) Tidak cepat merangkum bahan pelajaran. 

f) Tanya jawab akan dapat membosankan jika yang ditanyakan tidak ada variasi. 

Metode pembelajaran tanya jawab merupakan cara yang efektif untuk mempelajari dan mengingat informasi baru.

Pembelajaran tanya jawab (QAL) adalah metode bertanya yang terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa. QAL memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari individu atau kelompok yang mereka minati, yang kemudian dapat membantu mereka mendapatkan wawasan baru tentang topik tersebut. Manfaat utama menggunakan QAL termasuk peningkatan pemahaman, retensi informasi yang lebih baik, dan keterampilan pemecahan masalah yang ditingkatkan.

Baca Juga : Model- Model Pembelajaran Inovatif

Metode tanya jawab adalah metode pengajaran dimana siswa didorong untuk bertanya dan memberikan jawaban atas tantangan. Metode ini sering digunakan untuk membantu siswa mempelajari informasi baru dan meningkatkan kemampuan memori mereka.

Metode ini bekerja dengan secara bertahap memperkenalkan tantangan yang lebih kompleks kepada siswa. Tantangan tersebut dapat berupa pertanyaan atau teka-teki. Setelah siswa berhasil menyelartikelkan suatu tantangan, mereka kemudian diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan tantangan tersebut. Ini membantu siswa untuk lebih mempelajari informasi dan memahami konsep.

Manfaat Metode Tanya Jawab

Ada banyak manfaat menggunakan metode tanya jawab dalam pendidikan. Salah satu manfaat terpenting metode tanya jawab menurut para ahli  adalah membantu mengembangkan pemahaman materi yang lebih baik. Ini juga membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Selain itu manfaat metode tanya jawab yaitu :

Metode tanya jawab merupakan cara yang efektif untuk mempelajari dan mengingat informasi baru. Metode ini membantu siswa mempelajari materi baru secara lebih mendalam. selain itu metode ini membantu siswa belajar lebih efektif. Ini adalah pendekatan pengajaran yang berpusat di sekitar mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban. Metode ini merupakan cara yang baik untuk melibatkan siswa dalam belajar. Ini membantu mereka untuk membangun pengetahuan dan memahami konsep.

Tanya jawab membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih baik. Metode pengajaran ini membantu siswa untuk menangkap makna dari apa yang mereka baca atau dengar. Mereka juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Sebuah metode pembelajaran adalah cara yang berguna untuk membantu siswa belajar lebih banyak tentang suatu topik. Dengan memberikan mereka cara untuk mengeksplorasi topik lebih dalam, mereka dapat memperoleh pemahaman materi yang lebih baik.

Demikianlah artikel admin tentang Langkah Langkah Metode Tanya Jawab Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url