Kumpulan Soal Numerasi, Literasi Teks Fiksi dan Literasi Teks Informasi Level 1 2 dan 3 Tingkat SD

Pada kesempatan kali ini admin Gurupertama akan membagikan Contoh dan Kumpulan Kumpulan Soal Numerasi, Literasi  Teks Fiksi dan Literasi Teks Level 1 2 dan 3 Tingkat SD Tahun 2021.  Pada tahun 2021 pemerintah telah meniadakan ujian nasional tetapi sebagai gantinya yaitu Assesmen Nasional. Asesmen Nasional (AN) dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan jenjang dasar dan jenjang menengah. 

Soal Numerasi, Literasi  Teks Fiksi dan Literasi Teks Level 1 2 dan 3

Prestasi murid dievaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan melalui soal AKM. Asesmen Nasional ini sebagi pengganti Ujian Nasional akan dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan sekadar hapalan. 

Assesmen Nasional  terdiri dari AKM Literasi- Numerasi, Survei Kepribadian, serta Survei Lingkungan Belajar. Data dari ketiganya diharap bisa mendorong revisi kualitas pendidikan.

AKM Literasi- Numerasi

Literasi membaca serta numerasi merupakan kompetensi mendasar yang dibutuhkan seluruh murid buat bisa belajar sejauh hayat serta berkontribusi pada warga. Pengukuran literasi serta numerasi mendesak guru untuk lebih berfokus pada peningkatan  daya nalar daripada pengetahuan konten yang luas tetapi dangkal.
Literasi secara tradisional dianggap sebagai membaca dan menulis. Meskipun ini adalah komponen penting dari literasi, saat ini pemahaman kita tentang literasi mencakup lebih banyak lagi. Alberta Education mendefinisikan literasi sebagai kemampuan, kepercayaan diri dan kemauan untuk terlibat dengan bahasa untuk memperoleh, membangun dan mengkomunikasikan makna dalam semua aspek kehidupan sehari-hari.
Numerasi mengacu pada kemampuan untuk menggunakan, menafsirkan dan mengkomunikasikan informasi matematika untuk memecahkan masalah dunia nyata. Ini termasuk kemampuan untuk memahami matematika dasar seperti penambahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Keterampilan berhitung yang lebih maju menggabungkan penggunaan konsep grafis, spasial, statistik dan aljabar dan kemampuan untuk menafsirkan data itu dan menerapkannya pada situasi dunia nyata.
adapun Soal soal AKM terdiri atas soal numerasi, soal literasi teks fiksi. dan soal literasi teks informasi

Survei Karakter

Karakter susah diukur secara mendalam dalam asesmen berskala besar. Walaupun demikian, Survei Kepribadian bisa berikan informasi berharga tentang perilaku, nilai, serta kerutinan yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila. Survei Kepribadian berikan sinyal kalau sekolah butuh mencermati tumbuh kembang murid secara utuh, mencakup ukuran kognitif, afektif serta spiritual.

Survei Lingkungan Belajar

Survei Lingkungan Belajar mengukur( a) mutu pendidikan,( b) iklim keamanan serta inklusivitas sekolah,( c) refleksi guru,( d) revisi praktik pengajaran, serta( e) latar belakang keluarga murid. Data dari Survei. Lingkungan Belajar bermanfaat buat melaksanakan diagnosis permasalahan serta perencanaan revisi pendidikan oleh guru, kepala sekolah, serta dinaspendidikan. 

Contoh Soal Numerasi, Literasi  Teks Fiksi dan Literasi Teks . 

Adapun contoh soal AKM numerasi dan literasi di asesmen nasional 2021. 

Contoh Soal AKM Numerasi

Kompetensi yang diukur :
Mengetahui posisi bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma pada garis bilangan serta posisi bilangan bulat termasuk billangan bulat negatif

Tabel berikut adalah data daya tampung dan jumlah peminat beberapa jurusan di Perguruan Tinggi A selama tiga tahun terakhir.

Daya tampung dan jumlah peminat berpengaruh dengan tingkat keketatan program studi. Persentase tingkat keketatan program studi dapat dihitung menggunakan rumus 'daya tampung' dibagi 'jumlah peminat' dikali seratus persen. Semakin kecil persentasenya maka semakin besar tingkat keketatannya.

Pada tahun 2017, yang memiliki keketatan tertinggi adalah program studi 

Jawaban : Komputer

Contoh Soal AKM  Soal Teks Fiksi

Kompetensi yang diukur : Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Pishi di Tengah Badai
Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Hindia. Pishi dan teman-temannya sangat bahagia hidup di Samudra Hindia, bersama 500 jenis makhluk laut lainnya.

Pishi dan teman-temannya sedang bermain ketika kapal nelayan datang. Semua ikan berpencar menyelamatkan diri. Pishi jadi sendirian. Kemudian terjadi badai besar. Lautan menjadi gelap sehingga Pishi kehilangan arah. Ombak besar membawa Pishi ke bawah kapal nelayan. Pishi membentur kapal, perutnya terluka.

Pishi harus segera mengobati lukanya. Pishi berenang mendekati pantai. Di sana ada rumah sakit alam. Pishi tidak bisa berenang dengan cepat karena tubuhnya yang besar. Berat tubuh Pishi 900 kilogram dan panjangnya 10 meter.

Setelah jauh berenang, Pishi sangat senang melihat lampu mercusuar. Itu tandanya Pishi sudah sampai di rumah sakit alam. Ikan-ikan kecil langsung mendekati Pishi. Mereka membersihkan luka di perut Pishi. Beberapa hari kemudian, luka Pishi pun sembuh. Pishi sangat berterima kasih kepada ikan-ikan kecil yang merawatnya. 

Ikan-ikan kecil itu memakan parasit dan jaringan kulit mati di tubuh ikan pari. Hubungan antara Pishi dan ikan-ikan kecil adalah hubungan yang saling menguntungkan. Tubuh ikan pari menjadi bersih, ikan-ikan kecil pun menjadi kenyang.

Siapakah Pishi dan di mana ia tinggal?

A. Pishi adalah seekor ikan paus yang hidup di Samudra Hindia.
B. Pishi adalah seekor ikan paus yang hidup di Samudra Atlantik.
C. Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Hindia.
D. Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Atlantik.
Jawaban : C

Contoh Soal AKM Numerasi 

Kompetensi yang diukur : Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Kuda Laut
Kuda laut merupakan hewan laut yang memiliki kepala seperti bentuk kepala kuda dan moncong yang panjang. Ukuran tubuh kuda laut juga bervariasi, bisa mencapai sekitar 35 cm. Meskipun merupakan hewan laut, kuda laut ini buruk dalam berenang. Ia memiliki kecepatan berenang sangat lambat. Ini disebabkan oleh keunikan bentuk tubuhnya yang tegak. Keunikan tubuhnya yang tegak juga membuat ia berenang secara vertikal, bukan horisontal seperti ikan lainnya. Selain keunikan pada tubuhnya, kuda laut juga ternyata memiliki cara berkembang biak yang unik.

Kuda laut betina meletakkan telur-telurnya ke dalam kantung yang terletak di perut kuda laut jantan. Kuda laut jantan juga membawa telur-telur itu ke mana pun ia pergi. Setelah beberapa lama, tibalah waktunya melahirkan. Kuda laut jantan membuka kantung di perutnya, kemudian ratusan bayi kuda laut berhamburan ke laut. Sayangnya, dalam ratusan kelahiran bayi kuda laut, hanya beberapa saja dapat bertahan hidup hingga dewasa dan berkembang biak. Populasi kuda laut terus menurun akibat pemangsa, polusi, perusakan habitat, dan perdagangan secara ilegal. 

Pilihlah pernyataan yang sesuai dengan teks.

PERNYATAAN  
1. Kuda laut berkembang biak dengan cara bertelur.
2. Kuda laut memiliki kemampuan berenang yang buruk.
3. Kuda laut memiliki bentuk kepala seperti kuda dan moncong yang pipih.
4. Semua kuda laut memiliki ukuran tubuh  yang sama, yaitu sepanjang 35 cm.
5. Kuda laut jantan membawa telur-telur mereka ke mana saja mereka pergi.
Jawaban : 1, 2, dan 5

Contoh contoh soal numerasi dan jawabannya  ini merupakan publikasi dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kemendikbud RI. Untuk soal AKM yang lebih lengkap bisa di unduh pada link yang admin sediakan di bawah.

Download Kumpulan Soal Numerasi, Literasi  Teks Fiksi dan Literasi Teks Level 1 2 dan 3 Tingkat SD

Apabilah bapak dan ibu guru berminat mendapatkan contoh soal literasi dan numerasi yang lebih lengkap dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :




Demikianlah artikel kami tentang Kumpulan Soal Numerasi, Literasi  Teks Fiksi dan Literasi Teks Level 1 2 dan 3 Tingkat SD Tahun 2021. Semoga bisa memberikan manfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url