13 "Pintasan" di Windows Yang Perlu Guru Ketahui

Tidak peduli apakah Anda seorang mahasiswa atau memiliki karir, pengetahuan komputer sangat penting untuk diketahui saat ini.

Jika Anda pengguna sistem operasi Windows, dengan mengetahui “shortcut” atau jalan pintas ini, maka akan mempermudah pekerjaan dan semakin meningkatkan produktivitas Anda.

admin guru pertama akan membagikan beberapa pintasan yang tersedia di Windows untuk membantu menyederhanakan tugas harian Anda.

1) Ctrl + C: Untuk membuat salinan (Copy)

Anda telah menulis beberapa kalimat yang Anda suka di Microsoft Word, sekarang Anda ingin menggunakan kalimat yang sama lagi di paragraf lain.

Dengan mengetahui cara pintas ini, Anda dapat menghemat banyak waktu untuk menulis kalimat yang sama karena dengan menekan tombol ini, Anda dapat menyalin kalimat yang telah ditulis hanya dalam waktu kurang dari satu detik!

Mudah menyalin apa pun yang Anda suka dan barang yang disalin akan selalu ada di sistem sampai Anda memilih untuk menyalin sesuatu yang lain.

2) Ctrl + V: Untuk menempel (Paste)

Setelah selesai menyalin kalimat, gunakan pintasan ini untuk menempelkan kembali apa yang telah disalin sebelumnya.

Item yang disalin tidak hanya terbatas pada kalimat, tetapi Anda juga dapat menggunakan pintasan 1 dan 2 ini untuk menyalin sesuatu dalam bentuk teks, file, gambar, atau folder. Bagaimanapun, ini adalah fitur yang sangat berguna untuk menyatukan semuanya.

Jika Anda ingin menempelkan teks biasa dan sederhana tanpa format asli, hanya perlu menekan tombol Shift sebagai tambahan, yaitu Ctrl + Shift + V.

3) Ctrl + X: Untuk memotong (Cut)

Anda telah menulis sebuah teks, tetapi kemudian merasa teks tersebut lebih tepat di paragraf lain. Tidak perlu khawatir, gunakan pintasan ini, itu akan menghapus kalimat sebelumnya dan Anda dapat menempatkannya di mana saja Anda inginkan.

Seperti shortcut 1, shortcut ini tidak terbatas pada teks saja tetapi dapat digunakan untuk mentransfer tabel, gambar dan file yang ada di komputer.

4) Ctrl + A: Untuk memilih semua (Pilih Semua)

Tentu Anda ingin menyalin semua teks yang ditemukan di dokumen Anda, terus-menerus Anda tarik mouse untuk memilih semua kata mulai dari kalimat pertama hingga kalimat terakhir.

Alih-alih membuang waktu Anda dengan menyeret mouse melintasi halaman, gunakan pintasan ini untuk memilih semuanya dalam waktu kurang dari satu detik.

5) Ctrl+Z : Untuk kembali ke aslinya (Undo)

Mungkin anda pernah mengalami situasi seperti ini dimana anda tidak sengaja menghapus semua teks yang sudah ditulis semalaman.

Rasa frustasi dan marah pasti ada, yang tidak demikian, dalam sekejap mata pekerjaan yang memakan waktu lama itu hilang.

Ingin melakukannya lagi butuh waktu lama.

Jadi shortcut Ctrl+Z bisa jadi penyelamat kamu. Apa pun program yang Anda jalankan, fungsi ini membantu Anda kembali ke 'input' terakhir Anda. Jadi jangan khawatir tentang kesalahan karena pintasan ini akan menghemat waktu Anda.

6) Alt+Tab : Untuk mengubah tampilan layar

Shortcut ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan telah disempurnakan dengan perbaikan dan upgrade Windows. Yang harus Anda lakukan adalah menekan Alt + Tab dan Anda akan pindah ke tab atau layar berikutnya.

Dengan menekan tombol Alt + Tab, Anda dapat melihat dan memilih di antara beberapa tangkapan layar dari aplikasi yang sedang berjalan.

7) Ctrl + Alt + Del: Untuk memulai task manager (Task Manager)

Ketika aplikasi yang digunakan mulai melambat dan tidak ada respon sama sekali, Anda dapat menggunakan Ctrl + Alt + Del!

Saat Anda menekan ketiga tombol secara bersamaan, jendela baru bernama task manager akan muncul.

Kemudian, Anda dapat memeriksa program dan aplikasi mana yang memperlambat komputer Anda dan mematikan aplikasi tersebut menggunakan pengelola tugas.

8) Alt + F4: Untuk menutup aplikasi

Cukup tekan tombol fungsi Alt + F4 dan aplikasi yang sedang Anda gunakan akan ditutup.

Namun, sebaiknya Anda menyimpan tugas Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan pintasan ini. Ini juga berfungsi untuk aplikasi apa pun termasuk browser, game, dan aplikasi khusus.

9) Ctrl + F: Untuk mencari kata

Anda tahu ada tulisan satu kata di karangan, lalu ketika Anda ingin mencarinya di ribuan kata lain, tidak menemukannya sama sekali!

Gunakan Ctrl + F! Pintasan ini akan membuka bilah tempat Anda dapat memasukkan kata kunci dan itu akan menampilkan semua hasil dalam dokumen yang sesuai dengan permintaan Anda.

10) Ctrl +H: Untuk menemukan dan mengubah kata

Anda baru saja menyelesaikan sebuah esai, kemudian ketika membaca ulang, Anda melihat bahwa ada kesalahan ejaan nama Perdana Menteri di seluruh esai!

Tidak perlu khawatir. Pintasan Ctrl + H sangat berguna di sini. Dengan menggunakan shortcut ini, Anda hanya perlu mencari kata kunci tetapi mengganti semua kegunaannya dengan yang lain.

Cukup tekan tombol dan kotak akan terbuka. Anda hanya dapat memasukkan kata-kata yang perlu Anda cari dan ganti. Ini berfungsi untuk sebagian besar jenis dokumen.

11) Ctrl + Mouse Scroll Wheel: Perbesar / Perkecil

Teks terlalu kecil? Atau apakah Anda sedang melihat infografis yang memerlukan zoom in untuk membaca dengan jelas? Gunakan pintasan ini.

Jika Anda berada dalam dokumen, pintasan ini akan membuat file dan folder Anda terlihat lebih besar.

12) Win + D: Tampilkan tampilan desktop

Cara pintas ini untuk meminimalkan semua aplikasi Anda dengan cepat.

Tidak peduli berapa banyak tab dan jendela yang terbuka, pintasan ini meminimalkan semuanya dan menunjukkan desktop kepada Anda.

13) Menangkan + Prt Sc: Untuk menyimpan tangkapan layar (Screenshot)

Jika Anda pernah bertanya-tanya apa fungsi tombol Prt Sc di keyboard Anda, itu untuk mengambil tangkapan layar, tetapi tidak menyimpan tangkapan layar.

Dengan menekan tombol Win tambahan bersama dengan Prt Sc, ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil dan menyimpan tangkapan layar secara otomatis.

Tangkapan layar yang dibuat telah disimpan dalam format PNG di folder bernama "Screenshot".

Tangkapan layar ini terletak di folder Dokumen Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url