-->

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia dan Dunia Lengkap

Baca Juga

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia dan Dunia Lengkap

Gurupertama.com. Pada artikel kali ini admin akan membahas materi pelajaran penjaskes yaitu Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia dan Dunia Lengkap. Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang terkenal di dunia. Olahraga ini menarik minat berbagai kelompok umur, berbagai tingkat keterampilan. Pria maupun wanita memainkan olahraga ini di dalam atau di luar ruangan untuk rekreasi juga sebagai ajang persaingan.
Bola bulu tangkis tidak dipantulkan dan harus dimainkan di udara, sehingga permainan ini merupakan permainan cepat yang membutuhkan gerak reflek yang baik dan tingkat kebugaran tinggi. Pemain bulu tangkis juga dapat mengambil keuntungan dari permainan ini dari segi sosial, hiburan, dan mental.
Bulu tangkis merupakan olahraga yang dimainkan dengan menggunakan net, raket, dan bola dengan teknik pemukulan yang bervariasi mulai dari yang relatif lambat hingga yang sangat cepat disertai dengan gerakan tipuan. di bawah ini kami akan uraikan Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia dan Dunia Lengkap sebagai berikut :

Sejarah bulu tangkis di Indonesia 

Penduduk Indonesia pertama kali mengenal permainan bulu tangkis sewaktu tentara dari pemerintahan Inggris datang ke wilayah indonesia . Sehingga pada saat itu permainan bulu tangkis berkembang pesat di wilayah nusantara, sehingga terbentuklah Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sekitaran pada tanggal 5 Mei tahun 1951.

Asal negara bulu tangkis

Sebelum menjawab asal negara permainan bulu tangkis terlebih dahulu kita simak uraian tentang permainan yang merupakan pelopor permainan bulutangkis moderen, tetapi asal permainan
tersebut tidak diketahui, adapun uraiannya sebagai berikut :
1. Catatan menunjukkan bahwa permainan yang dimainkan dengan pemukul kayu dan bola bulu tangkis (cock) telah dimainkan di Cina Kuno, 
2. Di England pada abad ke-12,
3. Di Polandia pada awal abad ke-18, 
4. Di India di penghujung abad ke-19. 
Permainan yang disebut dengan "battledore dan shuttlecock" mencakup pemukulan bola dengan pemukul kayu yang dikenali dengan nama "bat" atau "batedor" dan dimainkan di Eropa antara abad ke-11 dan 14. Peserta diharuskan untuk menjaga bola agar tetap dimainkan selama mungkin.
Battledore dan shuttlecock dimainkan di ruangan besar yang disebut dengan Badminton House di Gloucestershire, England selama tahun 1960-an, dan akhirnya nama bulu tangkis menggantikan battledore dan shuttlecock. 
Area tempat bermain pada ruangan tersebut mempunyai bentuk seperti jam pasir, yang menyempit pada bagian tengahnya. Dengan demikian pemain harus memainkan cock pada ketinggian minimum untuk menjaga agar rally terus berlangsung. Permainan bulu tangkis dimainkan di lapangan yang berbentuk ganjil tersebut hingga pada tahun 1901. Sebuah kawat ditambahkan melintasi bagian tengah lapangan untuk membentuk net yang masih belum sempurna. 
Peraturan bulu tangkis mulai ditetapkan pada tahun 1887 dan kemudian diperbaiki pada tahun 1895 dan 1905. Peraturan tersebut masih tetap digunakan hingga saat ini dengan sedikit perubahan.

Sejarah Perkembangan Bulu Tangkis di Dunia

Permainan bulu tangis didukung oleh Federasi Bulu Tangkis Internasional (BF). Sembilan negara anggota mendirikan BF pada tahun 1934. Pada tahun 1993, IBF telah berkembang dengan negara anggota sebesar 120 negara yang tersebar luas. Kejuaraan yang didukung oleh 1BF adalah kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Beregu Putra untuk Thomas Cup; Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Beregu Putri untuk Uber Cup; Kejuaraan Dunia Perseorangan; Kejuaraan Dunia Perseorangan Pemain Campuran untuk Sudirman Cup; dan Final Grand Prix. 
Thomas Cup untuk putra dan Uber Cup untuk putri merupakan kejuaraan bulu tangkis yang paling bergengsi dan selalu diselenggarakan secara bersamaan. Keduanya diatur dalam putaran selama dua tahun pada setiap tahun yang berakhiran genap. Para pemain bulu tangkis bersaing untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Perseorangan pada tahun yang berakhiran ganjil dan untuk memenangkan
Thomas Cup dan Uber Cup pada tahun yang berakhiran genap. Kejuaraan Dunia Perseorangan Pemain Campuran atau Sudirman dimulai di Jakarta, Indonesia pada tahun 1989, dan bertepatan dengan Kejuaraan Dunia Perseorangan. Turnamen utama dunia menghasil kan Seri Kejuaraan Grand Prix. Pemain memenangkan angka dengan mengikuti setiap turnamen dan yang memperoleh angka terbanyak diundang untuk mengikuti Final Kejuaraan Dunia Grand Prix pada akhir tahun.

Pada tahun 1985, bulu tangkis ditetapkan menjadi bagian olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade 1992 yang diadakan di Barcelona, Spanyol. Sebelumnya bulu tangkis dijadikan olahraga yang dipertunjukkan pada Olimpiade 1988 di Seoul, Korea. Masuknya bulu tangkis sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade mendukung popularitas olahraga tersebut
untuk mendapatkan pengakuan. 

Kesimpulan

Demikianlah pembahan kami tentang Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia dan Dunia Lengkap. mudah mudahan bisa menambah wawasan pembaca.
LihatTutupKomentar