Download dan Cara instal Font Bugis serta bagaimana menggunakan di Laptop

Gurupertama.com ._ Pada artikel kali ini admin akan membagikan artikel tentang Download dan Cara instal Font Bugis serta bagaimana menggunakan di Laptop dengan cara yang tepat. Hurup lontara bugis adalah sebuah huruf yang diannggap keramat atau sakral bagi suku bugis klasik.  hurup Lontara, juga dikenal sebagai aksara Bugis, aksara Bugis-Makassar, atau aksara Lontara Baru adalah salah satu jenis aksara atau huruf tradisional Indonesia yang berkembang di daerah atau wilayah Sulawesi Selatan. 

Dalam suatu huruf terkandung satu fonem atau lebih, dan fonem tersebut membentuk suatu bunyi dari bahasa yang dituturkannya. Lontara adalah aksara tradisional masyarakat Bugis-Makassar. Bentuk aksara lontara berasal dari sulapa’ eppa wala suji. Font Bugis terdiri dari 23 konsonan dan 6 vokal . di bawah ini kami sajikan aksara bugis atau yang biasa di sebut anak sure.

Download dan Cara instal Font Bugis di Laptop
Secara tradisional, aksara Lontara atau huruf lontara ini biasa digunakan untuk menulis beberapa bahasa yang ada di Sulawesi Selatan. Materi atau naskah yang beraksara Lontara paling banyak ditemukan dalam bahasa Bugis, diikuti oleh bahasa Makassar, kemudian bahasa Mandar yang materinya paling sedikit. 

Seiring dengan berkembannya teknologi di masa kini atau dengan adanya teknologi komputer dimana semua tulisan yang dahulunya banyak di tulis menggunakan tulisan tangan langsung sekarang sudah beralih menjadi tulisan komputer termasuk juga dalam menulis aksara lontara bugis di dalam komputer sudah banyak di gunakan, termasuk dalam penulisaan soal soal ujian bahasa daerah bugis yang di ketik menggunakan komputer. oleh karena itu kami membuat tulisan ini dengan tujuan untuk membantu pembaca dalam menginstal Font Bugis serta bagaimana menggunakan di Laptop.

Cara Memasang atau menginstal Font Bugis di Laptop

Untuk memasang atau menginstal font Bugis di microsoft office word atau Laptop bisa mengikuti petunjuk berikut ini.

Cara instal pertama :

1. Sebelum menginstal Terlebih dahulu mendownload Font Bugis Download diSini
2. Setelah itu masuk ke Control Panel Computer Anda. Kemudian Klik Font Bugis yang sudah didownload tadi. Setelah itu Klik File kemudian Instal New Font
2. Selanjutnya Klik file berekstensi ttf yang telah didownload tadi. Kemudian Klik Enter.
3. Sekarang Font Bugis telah terinstal di PC Anda.

Cara instal Kedua yaitu :

1. Setelah mendapatkan atau mendownload Font Bugis silahkan klik atau buka file tersebut
2. Setelah file tersebut terbuka seperti tampilan di bawah ini :

3. Klik instal, setelah sukses terinstal silahkan buka office word di laptopnya

Cara menggunakan Aksara Lontara di Laptop

Adapun langkah pertama dalam mengetik font lontara di komputer sebagai berikut :

1. Pertama silahkan buka microsoft office word
2. Buka tab Home di office word kemudian pilih jenis font dan scrool ke bawah sampai menemukan font T BugisA. 

3. Langkah berikutnya silahkan mengetik lontara berdasarkan Tabel gambar di bawah ini

Untuk menggunakan atau menulis aksara lontara di laptop atau komputer alangkah baiknya terlebih dahulu memperhatikan gambar di bawah ini :

Dari tabel di atas dapat kita lihat secara jelas penulisan huruf lontara bugis di office word beserta cara pengetikannya di papan keyboard laptop. petunjuk gambar yang di atas berlaku untuk jenis huruf konsonan. jika kita ingin menulis huruf vokal lontara bisa melihat tabel di bawah ini
Lontara bugis
Berdasarkan tabel di atas untuk mengetik huruf vokal atau huruf hidup aksara bugis harus menggunakan beberapa kombinasi tombol pada keyboard laptop

Kesimpulan

Demikianlah artikel yang admin bagikan tentang Download dan Cara instal Font Bugis serta bagaimana menggunakan di Laptop. Semoga dengan artikel ini dapat membantu dalam mengetik aksara lontara bugis di  komputer. Sekian dan terimah kasih.

LihatTutupKomentar