Tips Bagaimana Cara Mengenali Bakat Kita ?

Tips Bagaimana Cara Mengenali Bakat Kita

Pada artikel kali ini admin akan membagikan Tips Bagaimana Cara Mengenali Bakat Kita.  Satu kecerdasan atau lebih yang sangat menonjol dalam diri seseorang biasa disebut bakat. Bakat ini merupakan potensi yang dahsyat bagi pemiliknya.
Bakat itu ibarat mutiara. Bila digosok dengan cara yang benar dan baik, mutiara itu mampu bercahaya dan sangat indah. Harganya pun bisa berlipat dibanding sebelum diasah atau digosok. Akan tetapi, sebelum digosok, ketika masih berupa 'bahan', mutiara itu tidak bercahaya, seolah tidak berharga.
Beranalogi dengan mutiara, bakat yang kalian miliki baru akan terlihat dan bermanfaat bila diasah, diajar, atau dilatih. Semakin dini atau awal diasah atau dilatih, bakat itu akan semakin berpeluang mencapai puncak ketajamannya. Itulah sebabnya banyak anak-anak yang dianggap berbakat musik sejak usia dini, sekitar 4 tahun, sudah diikutkan kursus musik oleh orang tuanya. Berikut ini kami uraikan beberapa tips mudah  untuk mengenali bakat kalian  yaitu :

A. Tips Mengenali bakat 

Caranya: Kalian melakukan atau mengerjakannya dengan perasaan senang dan kepercayaan diri bisa mengerjakan yang tinggi, serta hasilnya diakui bagus atau sangat bagus oleh orang lain.
Ingatlah, pihak yang mengakui atau menilai bagus itu harus orang lain, bukan kalian sendiri. Penilaian oleh diri sendiri mudah terjebak pada subjektivitas dan tidak objektif. Perhatikan temanmu yang suka menilai kecantikan atau ketampanan dirinya. Mereka sering diololok-olok 'narsis oleh teman-temannya.
Mengenali bakat sendiri tidaklah sulit. Misalnya, kalian berbakat bahasa atau kecerdasan bahasa kalian tinggi. Ketika mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, latihan mengarang atau writing dan berbicara atau speaking, serta ulangan, kalian merasa suka dan percaya diri. Hasilnya diakui oleh gurumu, yaitu berupa nilai tugas, nilai ulangan, dan nilai rapor yang sangat bagus, misalnya 90. Selain diakui oleh guru, kemampuan bahasa Indonesia kalian juga dapat diakui oleh orang lain atau redaktur dengan memuat karanganmu pada majalah remaja. Karena bakat bahasa kalian menonjol, kalian masih ingin menambah porsi belajar bahasa asing yang lain, misalnya dengan kursus bahasa Mandarin. Karena bakat bahasa kalian menonjol, kalian cepat dapat menguasai bahasa Mandarin itu.
Contoh yang lain, misalnya kalian berbakat matematika. Ketika mengikuti pelajaran matematika, mengerjakan tugas, dan ulangan, kalian merasa sernang dan percaya dirn mampu. Hasilnya diakui oleh gurumu, yaitu nilai tugas, nilai ulangan, dan nilai rapor di atas 90.

B. Kesimpulan

Jadi dapat di simpulkan untuk tips cara mengenali bakat yaitu Caranya dengan mengenali tingkat kesenangan dan prestasi kalian terhadap suatu bidang, atau seberapah suka mengerjakan sesuatu tanpa adanya tekanan.

Itulah artikel kami tentang Tips Bagaimana Cara Mengenali Bakat Kita. Mudah mudahan bisa bermanfaat.

You may like these posts

Post a Comment