Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Revisi 2020

Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Revisi 2020
Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Revisi 2020. Kesempatan kali Saya akan berbagi administrasi gratis berupa RPP revisi 2020. RPP ini telah menjadi trending topik dan bahasan hangat dikalangan guru / pendidik hal karena banyak yang menganggap RPP  ini terlalu singkat dan banyak hal yang tidak bisa masuk di dalam RPP.

RPP ini sudah sesuai dengan surat edaran kemendikbud yang hanya terdiri dari 3 komponen utama saja yakni tujuan, kegiatan dan tekhnik penilaian.  RPP ini bisa menjadi referensi RPP  Format 1 Lembar yang nantinya bisa anda kembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kompleksitas materi yang ada.

Di artikel kali ini saya akan bagikan RPP 1 Lembar Kelas 6 semua tema di Semester  2 yaitu  RPP Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahterah, RPP Tema 7 Kepemimpinan , RPP Tema 8 Bumiku, RPP Tema 9 Menjelajah Angkasa  Luar. Namun sebelum mendapatkannya marilah kita simak komponen penting dalam RPP format 1 lembar.

A. Komponen RPP Format 1 Lembar

RPP Revisi 2020 ini sesuai dengan SE Mendikbut No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP  yang hanya terdiri dari 3 komponen utama saja yakni tujuan, kegiatan dan tekhnik penilaian. 

1. Komponen Tujuan Pembelajaran

Komponen rumusan tujuan pembelajaran merupakan bagian-bagian atau aspek-aspek yang terkandung dalam rumusan tujuan pembelajaran. Sudirman, dkk. (1991:70-71) mengemukakan rumusan tujuan pembelajaran terdiri atas empat bagian. Keempat bagian tersebut adalah (1) Audience, (2) Behavior, (3) Condition, dan (4) Degree. Komponen rumusan tujuan pembelajaran tersebut disingkat menjadi ABCD. Penjelasan Komponen Rumusan Tujuan Pembelajaran Berikut ini adalah penjelasan dari komponen rumusan tujuan pembelajaran ABCD.

2. Komponen Kegiatan Pembelajaran

kegiatan pembelajaran adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam pengetahuan, pikir, sikap dan kebiasaan-kebiasaan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, dan berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan

3. Komponen Penilaian

Penialian pembelajaran dibagi menjadi dua yakni penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan :
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KI-4) dilakukan dengan mengidentifikasi karateristik kompetensi dasar aspek keterampilan untuk menentukan teknik penilaian yang sesuai. Tidak semua kompetensi dasar dapat diukur dengan penilaian kinerja, penilaian proyek, atau portofolio.

Prinsip penyusun RPP dalam surat edaran tersebut adalah Efisien, efektif dan Berorientasi pada murid
  • Efektif adalah pembuatan RPP dilaksanakan dengan baik dan tidak  menghabiskan banyak waktu , pikiran dan tenaga. 
  • Efektif adalah pembuatan RPP dilaksanakan  agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. 
  • Berorientasi pada murid adalah RPP dibuat dan dikembangkan dengan memperhatikan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di dalam kelas

B. Contoh RPP Format 1 Lembar Kelas 6

Dibawah ini kami berikan contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 tema 1 sebagai berikut  :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   : SD/MI
Kelas / Semester     :  6 /1
Tema                       :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                :  Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu      :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 hari

1. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
  • Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
  • Setelah mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
  • Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
  • Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
  • Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang  perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

2. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan
  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti 
Ayo Berdiskusi
  • Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran.  Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
  • Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya denganteman di sebelah, menjawabnya, dan  mendiskusikan jawabannya. ( Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Membaca
  • Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks tentang tanaman jagung dalam hati.
  • Setiap siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan.
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
  • Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
  • Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna berikut.
  • Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
Ayo Berdiskusi
  • Siswa mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya.
  • Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
  • Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru.
Ayo Berlatih
  • Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar.  Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit..
  • Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk dituli            Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan sosial budaya dari dua negara.  Mereka dapat memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll). (Creativity and Innovation
Kegiatan Penutup   
Peserta Didik :  Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/ portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian   15

 3. PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

C. File RPP 1 Lembar Kelas 6

Untuk File RPP 1 lembar selengkapnya bisa di download melalui Link di bawah ini :

RPP 1 Lembar K13 Kelas 6 Tema 5 Revisi 2020
RPP 1 Lembar K13 Kelas 7 Tema 5 Revisi 2020
RPP 1 Lembar K13 Kelas 6 Tema 8 Revisi 2020
RPP 1 Lembar K13 Kelas 6 Tema 9 Revisi 2020
Demikianlah File berupa Download RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 Revisi 2020  yang saya bagikan mudah mudahan bisa bermanfaat.

You may like these posts